Sukses Bina IKM Sijunjung, Ny. En Yuswir Arifin Raih Penghargaan Upakarti

379
Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto serahkan piala penghargaan Upakarti kepada Ny. En Yuswir Arifin di Jakarta.

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Ketua Dekranasda kabupaten Sijunjung, Ny. En Yuswir Arifin tampak tersenyum ketika menerima  penghargaan Upakarti atas pengabdian di bidang aneka usaha dari Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto di gedung Kementrian Perindustrian RI di Jakarta, Rabu (2/8).

Betapa tidak, isteri Bupati Sijunjung ini dianugerahi penghargaan Upakarti oleh Kementerian Perindustrian RI, karena dedikasinya yang tinggi dalam membina dan mengembangkan industri kecil menengah (IKM) di kabupaten berjuluk Ranah Lansek Manih itu.

Selain, En Yuswir Arifin, ada empat tokoh lain di Indonesia yang menerima penghargaan Upakarti jasa pengabdian dari Kementerian Perindustrian RI, yaitu Ratu Munawwarah Zulkifli, Riswayuni, Arita Apolina dan Imtihani.

En Yuswir Arifin sendiri menyampaikan ucapan terima kasih atas penghargaan yang diberikan. Penghargaan tersebut, sambung dia, merupakan prestasi seluruh masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Sijunjung.

Dia mengatakan, usaha dirinya dalam membina dan memajukan IKM karena memang merupakan kewajiban dirinya selaku Ketua Dekranasda Kabupaten Sijunjung.

“Terima kasih atas penghargaannya, saya bekerja ikhlas dan ini harus saya lakukan untuk memajukan IKM di Kabupaten Sijunjung,” ucapnya.

Ia mengaku akan terus membina dan merangkul IKM yang ada di Kabupaten Sijunjung. Ia yakin dengan pembinaan secara terus menerus, IKM di Kabupaten Sijunjung akan menjamur.

Bahkan, Ketua Dekranasda Sijunjung ini optimis IKM, nantinya akan tumbuh  dan mampu menjadi tulang punggung ekonomi keluarga.

Tak hanya penghargaan Upakarti jasa pengabdian saja, pada penganugrahan penghargaan Upkarti yang dihadiri Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin, Kepala Bapppeda, Febrizal Ansori, Kepala Dinas Perdagangan Perindustrian Kopreasi dan UKM, Emyasri, Kabang Humas dan Protokol, Henri Chaniago dan Kabid Perindustrian, Hendri Nurka, Kabupaten Sijunjung juga menerima penghargaan Upakarti jasa kepeloporan yang diterima Indra Yeni sebagai pelaku IKM tenun Lansek Manih.

Indra Yeni sendiri juga menyampaikan ucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten  Sijunjung yang telah membina sehingga IKM-nya dianugrahi penghargaan Upakarti jasa kepeloporan oleh Kementrian Perindustrian RI.

“Terima kasih kepada Bapak Bupati dan OPD terkait atas pembinaan selama ini,” ucap Indra Yeni yang didampingi suaminya, Man.

Sebelumnya, penghargaan yang sama juga diterima Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin pada 2014 lalu. Penghargaan Upakarti jasa kepedulian tersebut diserahkan Menteri Perindustrian (waktu itu) MS. Hidayat di Jakarta.

Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin yang hadir pada penganugrahan itu mengapresiasi dua penghargaan Upakarti yang diraih Kabupaten Sijunjung.”Kita bangga, dua penghargaan tersebut telah membawa harum nama Kabupaten Sijunjung di tingkat nasional,” ucanya. Saptarius