Terlantar, Baznas Sijunjung Bantu Biaya Mudik Warga Sukabumi

358
Pengurus Baznas Sijunjung serahkan bantuan pulang kampung kepada warga Sukabumi yang terlantar di Sijunjung.

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Baznas Kabupaten Sijunjung membantu pemulangan keluarga Muhammad Syahril, warga kelurahan Rawa Buaya Cengkareng Jakarta Barat ke Kampung halamannya di Sukabumi, Jawa Barat.

Muhammad Syahril yang datang ke Bagian Humas dan Protokol mengaku berkeinginan pulang ke kampung isterinya di Sukabumi, Jawa Barat. Namun karena kehabisan biaya, ia bersama isterinya, Santi Hastarita dan anaknya, Sasya Sariza Syahril terpaksa menginap di Masjid Agung Istiqlal sejak Jumat (25/8/2017).

“Saya bersama keluarga dari Perawang Riau, baru saja berhenti bekerja dari salah satu perusahaan perkebunan kelapa sawit. Rencana ke sini mau menemui teman bernama, Wahyu untuk minjam uang, namun karena tak bertemu, terpaksa kami menumpang tidur di Masjid Agung Istiqlal dan makan dari persedian uang yang masih tersisa,” ucap Muhammad Syahril kepada salah seorang staf Bagian Humas dan Protokol, Senin (28/8/2017).

Lantaran sudah tiga hari di Sijunjung, persedian uang pun menipis. Muhammad Syahril bersama isteri dan anaknya yang sebelumnya dari Perawang Riau dan bermaksud meneruskan perjalanan ke Sukabumi Jawa Barat mendatangi Bagian Humas dan Protokol Setdakab Sijunjung.

Setelah ditanya maksud dan tujuan serta melihat identitasnya, aparat Bagian Humas dan Protokol akhirnya mengantarkan Muhammad Syahril bersama keluarganya ke Baznas Sijunjung dengan memberikan rekomendasi bantuan biaya untuk meneruskan perjalanan ke kampung halamannya.

Bak kata gayung pun bersambut, Baznas kabupaten Sijunjung akhirnya membantu biaya perjalanan Muhammad Syahril dan keluarganya.

”Setelah kami tanya maksud dan tujuan serta identitasnya, dan karena mereka adalah orang-orang terlantar, kewajiban Baznas untuk memberikan bantuan. Kita berikan sedikit bantuan biaya perjalanan ke kampung halamannya,” ucap Wakil Ketua Baznas, Gusman.

Gusman berharap, bantuan tersebut dapat membantu Muhammad Syahril dan keluarganya melanjutkan perjalanan ke kampung halamannya.

Sebaliknya, Muhammad Syahril dan keluarganya menyampaikan terima kasih atas bantuan yang diberikan Baznas Sijunjung. ”Terima kasih pak,” ucap Muhammad Syahril dan keluarganya dengan mata berkaca-kaca. azt/humaskab Sijunjung