Tinjau Potensi Laut Sumbar, Wagub Nasrul Abit Mancing Bersama Nelayan

523
Wagub Nasrul Abit tunjukan ikan hasil pancingannya di perairan laut Pariaman.

JURNAL SUMBAR | Agam – Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit meninjau potensi laut di daerah Tiku, Kabupaten Agam, Sabtu (12/8/2017).

Menggunakan kapal pengawas “Tenggiri” milik Pempov Sumatera Barat, Wagub melihat dan mencoba untuk mengetahui potensi ikan laut dengan memancing bersama salah seorang nelayan Tiku.

Kondisi hujan dan angin yang kurang baik menghambat laju kapal ke lokasi-lokasi yang diperkirakan memiliki potensi bagus bagi nelayan Tiku, dan saat ditemui di lapangan, hampir tidak ditemukan potensi yang bagus itu.

Malahan ada beberapa lokasi bekas ledakan bom yang merusak terumbu karang, sehingga tidak ada lagi ikan yang dapat dipancing.

“Ada beberapa spot yang masih bagus di tengah, namun mengingat cuaca dan kondisi alam menjelang musim Haji yang tidak menentu, selain itu tidak ada pulau tempat berlindung jika terjadi badai, maka perjalanan kapal tidak memungkin ke arah tersebut,” ungkap Wagub Nasrul Abit.

Wagub Nasrul Abit juga prihatin melihat kondisi ini, di mana potensi ikan yang dekat ke pantai sudah hampir tidak ada lagi untuk didapat nelayan.

Tentu kepada masyarakat dan nelayan terutana untuk kembali membangun rumpon-rumpon yang banyak, agar potensi ikan itu dapat berkumpul kembali di daerah ini.

Melihat kondisi potensi laut Tiku ini, Wagub menilai potensi laut Pessel masih bagus dibandingkan laut Tiku. “Kedepan, kita perlu melakukan sinergi pengawasan bersama, bagaimana potensi laut Sumbar kembali baik dan masyarakat nelayan dapat menikmaati hasil yang baik juga, untuk meningkatkan kesejahteraan hidup neleyan Sumatera Barat,” harapnya.

Selanjutnya, hasil ikan yang didapat malam hari kedua justru di perairan laut lepas di laut  Pariaman pertengahan kepulauan Mentawai. “Daerah ini masih memiliki terumbu karang yang baik, dimana terlihat begitu banyak ikan terpancing sore itu, hampir semua pemancing menaikan ikan 4-6 ekor perorang,” jelas Wagub Nasrul Abit mengakhiri. Humasprov Sumbar