TK-SD Islam Terpadu, Sekolah Alam “Talago” Sawahlunto Cetak Generasi Berimtaq dan Berimtek

330

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Kini Sekolah Alam “Talago” TK-SD Terpadu Sawahlunto kian digamari warga. Pasalnya, sekolah yang menggunakan kurikulum nasional yang dipadu dengan kurikulum Jaringan Sekolah Islam Terpadu Indonesia (JSITI) itu mencetak siswa berimtaq dan berimtek.

Meski baru berdiri pada 30 Oktober 2015, Sekolah Alam “Talago” TK-SD Terpadu dibawa naungan Yayasan Rhaudatul Jabal dan beridiri berdasarkan UU No. 20/2003. Bahkan Sekolah yang dipimpin, Delvia Sepniwati, SPd itu sudah berhasil mencetak anak didik yang beriman dan bertaqwa (Berimtag) serta berilmu teknologi (berimtek).

Awal mulanya anak didik tingkat TK hanya berjumlah 18 orang. Kini jumlah anak didiknya mencapai 27 siswa. Sedangkan untuk tingkat SD, jumlah muridnya 14 orang dan berasal dari TK Alam “Talago” dan TK lain.

Dibimbing 12 guru termasuk kepala sekolah dan penjaga serta petugas catering. “Sekolahnya sampai sore dan diberi snack pagi dan makan siang. Untuk TK ada istirahat tidur siang dikipasi dan dimandikan guru pembimbing bagi TK,” kata Delvia Sepniwati, Kepala TK-SD Alam Talago, kepada Jurnal Sumbar, Rabu (30/8/2017) pagi.

Sekolah Alam “Talago” yang kini mulai dikenal masyarakat itu, mengunggulkan tafis al quran dan ada hari bebahasa inggris. Persis terletak di Simpang Desa Talago Gunung, Desa Santur, Kecamatan Barangin, Kota Sawhlunto, Sumatera Barat.

Sekolah yang didirikan H. Effendi Mardianto, Dt Rajo Sampono, Kasmir, SH,MM, Delvia Aflinda, Defrizal, A.Md, Delvia Sepniwati, SPd, dan Drs. Marwan, MPd itu fokus untuk mewujudkan gerasi Qur’ani yang bertaqwa, unggul, mandiri dan berkarakter.

Tak hanya itu, sekolah yang diasuh Delvia Sepniwati, SPd (Kepsek), Gustuti Welni, SPd, Sri Mulyani, SPd, (TK), Al Ani Samai, SPd, Wella Martoza, SPd, Aeif Kurniawan,SPd (SDIT) dan Reza Yulia serta Marhilma (TPA) serta TU/Operator, Silvia Eka Rahman,SPd, dengan pembina H. Effendy Mardianto, Walikota Sawahlunto, Camat Berangin dan Kepala UPTD TK/SD Kecamatan Berangin, tersebut lebih mengembangkan SDM yang unggul mekakui rekrutmen yang baik dan pembinaan berkekanjutan serta mengaju pada kurikulum pembelajaran yang teruji dan dinamis.

“Terutama sekali mengembangkan sistem pembelajaran yang memasukan nilai-nilai islami, berwawasan lingkungan dan budaya serta berbasis teknologi (IT) serta melakukan kerjasama dengan JSIT sesuai misi Yayasan Rhaudatul Jabal,” jelas Delvia Sepniwati.

Disebutkan Delvia, anak didik juga diajak belajar di alam bebas. Seperti tentang cara bercocok tanam hingga menghasilkan beras hingga menjadi nasi yang ditanak termasuk cara berkebu . Begitu juga dengan teknologi, anak didik juga diajari cara menggunakan IT, seperti komputer dan juga diputari infokus.

“Untuk tamat SD anak didik harus hapal al quran minimal 2 jus,” tambahnya. Saptarius