Wabup Arrival Boy Kagum dengan Kerajinan Bambu Nagari Kumanis

574
Wabup Arrival Boy meninjau kerajinan bambu karya warga nagari Kumanis Sumpur Kudus.

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Wakil Bupati Sijunjung, Arrival Boy sangat terkesan dengan kerajinan dari bambu yang dikelola warga Kumanis, Kecamatan Sumpurkudus. Arrival Boy bangga dengan ide yang kreatif kerajianan dari bambu yang menghasilkan berbagai miniature, motif dan bentuk kerajinan yang luar biasa.

Menghadiri pelatihan kerajinan dari bambu di bawah pengelolaan Kantor Walinagari Kumanis, Wabup Arrival Boy meninjau kerajinan itu, Rabu (2/8) kemarin.

“Pelatihan kerajinan miniatur bambu diadakan atas kerjasama Pemerintahan Nagari Kumanis dengan pihak IAIN. Melihat potensi bambu di wilayah Sijunjung, khususnya Kumanis yang melimpah perlu dikelola dengan baik, sehingga akan mendapatkan hasil yang maksimal. Untuk satu potong bambu dapat dibuat satu kerajinan yang dihias,” kata Wabup Sijunjung, Arrival Boy, pada Jurnal Sumbar, Kamis (3/8/2017) siang.

“Jujur, saya bangga dengan pelatihan diberikan kepada masyarakat, agar dapat berkreasi membuat kerajinan dari bambu dan sebagai peluang untuk usaha. Tentu saja hal ini membuka peluang usaha yang cukup menarik,” terang Wabup.

Seperti miniatur kapal yang dibuat dari bambu untuk ukuran kecil bisa dijual dengan harga Rp150 hingga Rp 250 ribu. Sedangkan ukuran besar dan dilapisi penutup kaca bisa dijual dengan harga Rp 2 juta sampai Rp4 juta.

“Semoga saja kedepannya kerjasama pihak IAIN dengan nagari ini akan kita perluas untuk seluruh nagari yang ada di Kabupaten Sijunjung. Ke depan, kita akan lakukan kerjasama antara Pemda Sijunjung dengan pihak IAIN tersebut,” ungkap Arrival Boy. Saptarius