2018, PT Hutama Karya Bangun Tol Padang – Pekanbaru

864

JURNAL SUMBAR | Padang – Menindaklanjuti rapat terbatas dengan presiden Joko Widodo tentang pembangunan jalan tol Padang – Pekanbaru, yang kemudian dilanjutkan rapat dengan kementerian terkait, Gubernur Irwan Prayitno melakukan rapat terbatas dengan bupati/walikota, OPD terkait, PT. Hutama Karya dan utusan Kementrian dari Jakarta.

Gubernur Irwan Prayitno di sela-sela acara menyampaikan, rapat tersebut menindaklanjuti rapat-rapat dengan Presiden dan kementrian di Jakarta. “Alhamdulliah Bupati Padang Pariaman telah menyatakan siap untuk pembangunan tahap I (Padang – Sicicin) sepanjang 19 km dengan nilai pekerjaan Rp 6 Trilun, yang ditegaskan Menteri PU akan dilaksanakan pada tahun 2018,” sebut Irwan Prayitno di Gubernuran, Jumat (8/9-2017).

Namun, lanjut Gubernur, pihaknya sudah sampaikan permohonan agar pembangunan Jalan Tol tahap I ini, Padang – Sicicnin ditambah sampai ke Bukittinggi, karena akan langsung dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, dimana persoalan kemacetan menahun Padang- Bukittinggi dapat terjawab dan tuntas.

Irwan Prayitno juga menyampaikan, ia juga telah memerintahkan OPD terkait untuk menyiapkan dokumen persyarakatan pembangunan, soal amdal, pertanahan, kehutanan dan lain-lain, sehingga tidak ada lagi yang menganjal dalam menyukseskan pelaksanaan pembangunan tersebut.

Pembangunan jalan Tol Padang – Pakanbaru sejauh 265 km itu memakan dana sebesar Rp.70 triliun yang ditanggung oleh PT Hutama Karya itu yang juga akan dikerjasamakan dengan JICA Jepang. “Kita Sumatera Barat mendukung dengan penyediaan lahan dan mensosilisasikannya kepada masyarakat, sehingga pembangunan ini mendapat multiplayer efek yang baik dalam kemajuan pertumbuhan ekonomi di masa datang,” tambah Gubernur.

Pembangunan jalan tol ini, juga akan mendukung jalur yang berkaitan dengan lokasi wisata dan perindustrian di daerah, aspirasi beberapa kepala daerah dalam rapat tersebut, juga akan menjadi bahan pemikiran bagi PT Hutama Karya, ungkap Irwan Prayitno.

Sementara dari pihak PT Hutama Karya, Manejer Teknis Dinny Suryakecana juga menyampaikan, pihaknya akan melakukan kegiatan pembangunan jalan tol ini dengan tetap berkoordinasi OPD di lingkungan pemprov Sumatera Barat bersama timnya.

“Kita tetap akan dialogkan dengan baik setiap kegiatan yang dilakukan, baik dalam menyiapkan dokumen yang disebutkan, juga terhadap apirasi daerah yang mungkin saja bisa diakomudir, sehingga pembangunan ini berjalan sesuai dengan yang diharapkan, sekaligus bermanfaat bagi kepentingan daerah dan masyarakat,” ujarnya. Rilis