Dengan Swadaya, Tangan Dingin Kapolres Sawahlunto Sukses Bangun Mapolsek Muaro Kalaban

1175

JURNAL SUMBAR | Sawahlunto – Bangunan kantor polisi sektor Muaro Kalaban, Kota Sawahlunto, Sumbar yang terletak persis di gerbang Kota Sawahlunto. Kini kantor polisi itu terlihat berdiri dengan megah.

Bangunannya tak ada menguras anggaran negara. Lho..kok bisa. Itu semua berkad usaha Kapolres Sawahlunto Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Zamroni Wibowo, S.IK, MH dan juga berkad kerja keras sosok perwira Inspektur Satu Polisi, Efriadi, SH, yang kini menjabat sebagai Kapolsek Muaro Kalaban.

Tak bisa dipungkiri, bangunan megah kantor Polsek Muaro Kalaban itu juga tidak terlepas dari kakok tangan dingin si “Anak Medan” keturunan Ombilin, Kabupaten Tanahdatar.

Apalagi didukung semua anggota Polsek Muaro Kalaban dan Kapolres, kantor Polsek yang berukuran 8×17 meterpersrgi itu pun berdiri hanya dengan kurun waktu 7 bulan.

“Alhamdulillah, ini semua berkad perjuangan “komandan” (Kapolres-red). Saat itu diprakarsai mantan Kapolres AKBP Riyadi Nugroho, S.IK, SH dan kemudian dilanjutkan AKBP Zamroni Wibowo, S.IK, MH,” kisah Kapolsek Muaro Kalaban, Iptu Polisi Efriadi,SH, kepada Jurnal Sumbar, Selasa (26/9/2017) malam.

Selain itu, suksesnya pembangunan kantor polisi di sektor Muaro Kalaban yang diperkirakan menelan dana Rp350 juta itu juga berkad bantuan dari semua unsur lapisan masyarakat dan warga setempat untuk membangun kantor polisi secara swadaya.

Apalagi kantor polisi yang berada di pinggir jalan lintas Sumatera, Kecamatan Silungkang itu sangat dibutuhkan warga. Terutama untuk kenyamanan dan keamanan warga setempat.

Jujur, di balik megah dan terbangunnya kantor polisi sektor Muaro Kalaban itu juga ada peran penting lelaki kelahiran Medan 28 Mei 1975 bernama Iptu Polisi Efriadi. Tapi, perwira polisi yang dekat dengan kalangan pers itu justeru merendah.

“Itu semua berkat perjuangan dan usaha komandan,” ucapnya merendah. Meski begitu, sosok perwira polisi itu setidaknya berhasil menyulap kantor polisi sektor Muaro Kalaban, menjadi kantor polisi termegah di Kota Sawahlunto bahkan di Sumbar.

Ingin tahu rahasianya? Ternyata perwira polisi yang menjabat sebagai Kapolsek Muaro Kalaban, pada Juni 2016 ini justeru lebih mengedepan pendekatan pada warga. Saptarius