“Dikerangkeng” Keluarga, Wagub Nasrul Abit Minta Desi Susanti yang Sakit Jiwa Dibawa ke Rumah Sakit

956

JURNAL SUMBAR | Solok Selatan – Wakil Gubernur H. Nasrul Abit Dt. Malintang Panai bersama rombongan dalam peninjauan lokasi galodo banjir bandang di jorong Kalambai Muaro Labuah, dikejutkan dengan adanya masyarakat yang sakit jiwa dikurung keluarganya di atas rumah, Kamis (21/9/2017).

Dikurung dengan kerangkeng jeruji besi ukuran 2×2 meter di belakang rumah, seorang perempuan yang sedang sakit jiwa dengan kondisi cukup memprihatinkan.

Melihat kondisi ini, Wagub Nasrul Abit meminta Dinas Kesehatan Solsel segera membantu mengirim berobat ke RSJ HB Saanin di Gadut, kota Padang. “Tidak baik dibiarkan terkurung begini, kasihan sekali,” ujarnya sedih.

Nasrul Abit mengharapkan kepada masyarakat setempat supaya tidak ada lagi kejadian seperti itu. “Dikurung dan dipasung seperti ini adalah hal yang memalukan kita. Jangan ada lagi. Uruskan kartu kesehatan dan kirim ke rumah sakit, di sana akan ada perawatan dan pelayanan kesehatan bagi orang yang tidak mampu dari pemerintah,” sebutnya.

“Diharapkan kesadaran masyarakat untuk menjaga keluarganya. Jika sakit, datanglah ke rumah sakit, percayakan pada dokter untuk dirawat supaya sembuh kembali. Jangan biarkan berlarut-larut, jika perlu laporkan kepada walijorong, walinagari, juga menyampaikan ke camat dan seterusnya, karena ini menjadi tugas bersama masyarakat dan pemerintah,” sebut Nasrul Abit lagi.

Menurut informasi di lapangan, warga yang sakit ini bernama Desi Susanti, telah memiliki kartu kuning. Dia mengalami sakit jiwa yang tak kunjung sembuh, kadang-kadang kambuh lagi, dan bisa pergi entah kemana, hingga pernah sampai ke Jambi.

“Doa kita, semoga dengan dikirim Desi Susanti ke RS Jiwa HB Sa’anin Padang segera sembuh,” harap Wagub Nasrul Abit. rilis