Guru TK-SDIT Alam Talago Sawahlunto Studi Komparatif di Rumah Tahfis Nailah Muaro Sijunjung

352
Majelis guru TK-SDIT Alam Talago Sawahlunto berdiskusi dengan pimpinan rumah tahfis Nailah Muaro Sijunjung.

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Untuk menimba ilmu demi kemajuan pendidikan, para guru TK SDIT Alam “Talago” Sawahlunto melakukan studi komparatif ke rumah tahfis Nailah yang berlokasi di Jalan M. Syafii, Muaro Sijunjung.

Studi komparatif  tersebut dilaksanakan pada Sabtu (9/9/2017). Rombongan guru TK-SDIT Alam “Talago” Sawahlunto itu dipimpin kepala sekolahnya, Delvia Sepniwati, SPd.

Jika selama ini para guru TK-SDIT mengajari anak didiknya dalam ilmu agama dan teknologi serta mengenali anak didiknya memahami alam dan isinya, kini para gurunya yang mendalami ilmu tahfis Alquran di rumah tahfis Nailah Muaro Sijunjung.

Di rumah tahfis Nailah itu, majelis guru TK-SDIT Alam “Talago” Sawahlunto, yang terdiri dari, Delvia Sepniwati, SPd (Kepsek), Gustuti Welni, SPd, Sri Mulyani, SPd, (TK), Al Ani Samai, SPd, Wella Martoza, SPd, Aeif Kurniawan,SPd (SDIT) dan Reza Yulia serta Marhilma (TPA) serta TU/Operator, Silvia Eka Rahman, SPd, itu diterima pimpinan rumah rahfis Alquran Nailah, HM Yusron, Lc.

Ketertarikan majelis guru TK-SDIT Alam “Talago” Sawahlunto ke rumah tahfis Nailah Muaro Sijunjung, Kabupaten Sijunjung, Sumbar itu, karena rumah tahfis itu berhasil mencetak anak didik yang berakhlak dan hapal Alquran.

Apalagi rumah tahfis Nailah yang baru berdiri tahun 2015, anak didiknya yang mencapai 285 orang itu berhasil digembleng secara baik dengan ilmu Alquran.

Selain membina, siswa SD umum dan SDIT, rumah tahfis Nailah yang dipimpin ustad HM Yusron, Lc itu juga mendidik siswa SMP dan SMA.

Murid di rumah tahfis itu lebih dominasi siswa SD (75%), SMP (20%) dan SMA (5%). Bahkan dari kalangan walimurid (tahsin) juga ada yang belajar tartil. Bahkan, anak didiknya disuguhi program tahfis alquran, tahsin alquran, belajar membaca alquran (metode tartil). Mereka dari tidak kenal mampu baca dan mengenal alquran dalam waktu satu setengah bulan.

“Di sinilah ketertarikan kami melakukan studi komperatif di rumah tahfis Nailah. Kami akan siap belajar di Rumah Tahfis Nailah,” tambah Kepsek TK-SDIT Alam “Talago” Sawahlunto, Delvia, STR.

Apalagi rumah tahfis Nailah itu mengasuh didikan sore dan praktek sholat. Selain ditangani ust HM Yusron Lc, rumah tahfis itu juga dibidani ust Ardison, SIQ, SPdi, ust Irsal, SIQ, SPdi dan ustzah Iema Yusu, S.Kom, juga mencetak anak didik yang paham Alquran.

Untuk anak SD setidaknya wajib hapal Alquran minimal satu jus. Sedangkan untuk SMP 2-3 Jus dan untuk anak SMA wajib minimal 3-5 jus hapal alquran. Bahkan diantara anak SMA ada yang hapal Alquran hingga 15 jus.

Agaknya ini pula membuat para majelis guru TK-SDIT Alam “Talago” Sawhlunto menyambangi rumah tahfis Nailah Muaro, untuk menggali ilmu di sana. Saptarius