Ketua Dekranasda Sijunjung Buka Pelatihan GMP

352

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Ketua Dekranasda, Ny. En Yuswir Arifin membuka pelatihan Good Manufacturing Practices (GMP) yang merupakan suatu konsep managemen dalam bentuk prosedur untuk menghasilkan out put yang memenuhi standar dengan tingkat ketidaksesuaian sekecil mungkin, (4/9/2017) di Wisma Keluarga Muaro.

Dihadiri Kepala Dinas Koperindag dan UKM Kabupaten Sijunjung yang diwakili oleh Kabid Perindustrian Hendri Nurka, S.Sos, M.Si dan jajarannya, Fasilitator GMP, Fungsional Dinas Perindag Provinsi Sumbar dan Kabupaten Solok serta Peserta Pelatihan GMP.

Hendri Nurka mengatakan dalam laporan panitia, maksud dan tujuan kegiatan pelatihan ini secara umum bertujuan untuk meningkatkan mutu produk IKM Industri makanan dan minuman yang aman dikonsumsi atau terciptanya keamanan pangan, menarik sesuai dengan selera konsumen, sehingga diharapkan pada masa yang akan datang IKM makanan dan minuman di Kabupaten Sijunjung dapat bersaing di pasar lokal, regional, dan nasional, maupun untuk tujuan ekspor.

Dengan demikian dapat memberikan efek positif terhadap perkembangan perekonomian makro di daerah kita ini.

Kegiatan berlangsung selama 6 (enam) hari, pelatihan GMP dimulai dari tanggal 4-6 September 2017 dan dilanjutkan pelatihan design kemasan tanggal 7-9 September 2017, narasumber GMP Saudara Ir. H. Mulyadi, Fungsional Penyuluh Industri dari Dinas Perindag Provinsi Sumbar dan narasumber Design Kemasan, Sawlani Affandi, S.SN, Fungsional Penyuluh Industri Dari Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Perindustrian Perdagangan Kabupaten Solok.

Peserta berasal dari IKM makanan dan minuman se-Kabupaten Sijunjung dengan jumlah 15 orang, dengan harapan untuk meningkatkan penyerapan tenaga kerja yang berdampak pada pengangguran, tambahnya.

Ketua Dekranasda membuka secara resmi pelatihan GMP dan mengucapkan selamat datang kepada semua dan diharapkan acara ini dapat berjalan dengan baik dan lancar serta memberikan manfaat yang nyata terhadap pengembangan Produk IKM makanan dan minuman di Kabupaten Sijunjung pada masa yang akan datang.

Pelatihan GMP merupakan panduan teknis memproduksi pangan dengan baik dan benar serta berkualitas, dengan memperhatikan Aspek Higiene, Sanitasi, Lokasi, Mesin/peralatan, Bahan Baku dan Aspek Penunjang lainnya.

Dia berharap pengetahuan mengenai GMP ini kiranya dapat diterapkan dengan baik dan sungguh-sungguh di tempat peserta berproduksi. Humas Dinas Koperindag