Murid SD IT ‘Alam’ Talago Sawahlunto Diberi Imunisasi Campak

378

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Sebanyak 14 orang murid Sekolah Dasar Islam Terpadu (SD IT) ‘Alam’ Talago Sawahlunto, Sumbar, Selasa (19/9/2017) mendapat imunisasi campak secara gratis dari Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Sungaiduren, Kecamatan Barangin, Kota Sawahlunto, Sumbar.

Kegiatan pemberian imunisasi secara gratis itu langsung dipimpin kepala Puskesmas Sungaiduren, dr. Riri dan anggotanya.

Di TK-SD IT ‘Alam’ Talago itu, rombongan Puskesmas Sungaiduren langsung disambut Kepala Sekolah TK-SD IT ‘Alam’ Talago, Delvia Sepniwati, SPd, dan majelis guru lainnya.

Selain memberikan imunisasi campak secara gratis, rombongan Puskesmas Sungaiduren, juga melakukan penyuluhan tentang usaha kesehatan sekolah (UKS), termasuk memelihara dan menjaga serta cara membersihkan gigi yang benar dan cara mandi yang benar dan menjaga pola makan yang baik kepada 27 murid TK IT ‘Alam’ Talago, pimpinan Delvia Sepniwati itu.

Kepada Jurnal Sumbar, Senin (19/9/2017), kepala sekolah TK-SD IT ‘Alam’ Talago, Delvia Sepniwati, menjelaskan, awalnya anak-anak didiknya enggan untuk berimunisasi. Setelah diberi penjelasan manfaat dari imunisasi oleh pimpinan Puskesmas Sungaiduren, dr. Riri, barulah anak-anak didik SD IT ‘Alam’ Talago itu beraedia berimunisasi.

Dikatakan Delvia, rombongan Puskesmas Sungaiduren tak hanya sekedar melakukan penyuluhan dan melaksanakan imuniasi, tapi mereka juga meninjau lingkungan sekolah yang terlihat rapi dan bersih.

Bahkan pihak rombongan Puskesmas Sungaiduren itu sangat terkesan atas lingkungan sekolah TK-SD IT ‘Alam’ Talago itu. “Lingkungannya cukup aman dan bersih dan tidak ditemukan jentik-jentik nyamuk,” kata dokter Riri seperti dikutif Delvia STR kepada Jurnal Sumbar. Saptarius