OPD Sijunjung Tingkatkan Level Maturiras SPIP

385

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sijunjung sepakat meningkatkan level maturitas penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP).

Kesepakatan itu ditandai dengan penandatanganan komitmen penyelenggaraan SPIP, secara simbolis oleh tiga kepala OPD, yakni Kepala Dinas Parpora, Yofritas, Kepala Kesbang Pol, Yunani dan Camat Koto VII, Veri Satria.

“Saya harap, komitmen ini tidak hanya diatas kertas, tapi di implementasikan di masing-masing OPD,” ucap Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin usai menyaksikan penandatangan maturitas penyelenggaraan SPIP di Balairung Lansek Manih, Kamis (14/9/2017).

Untuk meningkatkan maturitas penyelenggaraan SPIP menuju level 3 di lingkungan Pemkab Sijunjung, sambung Bupati Yuswir Arifin, ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian pimpinan OPD.

Diantaranya, tingkatkan effesiensi dan efektifitas dalam pelaksanaan anggaran dan pengawasan pelaksanaan SPIP.Hal itu dilakukan guna menghindari terjadinya penyimpangan dana APBD.

Dan tak kalah pentingnya, segera bentuk tim satuan tugas SPIP di setiap OPD.”Segera tindaklanjuti Rencana Tindak Pengendalian(RTP) sesuai dengan batas yang ditetapkan,” ingatnya.

Sebelumnya, Kepala Inspektorat Daerah Kabupaten Sijunjung, Endi Nazir melaporkan sosialisasi penyelenggaraan SPIP diikuti kepala OPD dan kepala Bagian di lingkungan Pemkab Sijunjung.

Sosialisasi sehari ini, sebut dia, menghadirkan narasumber dari BPKP Perwakilan Provinsi Sumatera Barat. azt/humas