Rumah Tahfis Nailah Muaro Sijunjung Cetak Anak Didik Berakhlak dan Hapal Alqur’an

426

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Luar biasa. Ternyata Rumah Tahfis Nailah Muaro Sijunjung, Kabupaten Sijunjung, Sumbar, berhasil mencetak anak didik berakhlak dan hapal Alquran.

Meski baru berdiri pada 2015, namun anak didiknya sudah mencapai 285 orang. Selain membina siswa SD Umum dan SDIT, Rumah Tahfis Nailah yang dimipin ustad HM Yusron,Lc itu, juga mendidik siswa SMP dan SMA.

“Murid di rumah tahfis ini lebih dominas siswa SD (75%), SMP (20%) dan SMA (5%). Bahkan dari kalangan walimurid (tahsin) juga ada yang belajar tartil,” kata HM Yusron, Lc selaku Pimpinan Rumah Tahfis Nailah, kepada Jurnal Sumbar (8/9/2017).

Di Rumah Tahfis Nailah itu, anak didiknya disuguhi program tahfis alquran, tahsin alquran, belajar membaca alquran (metode tartil). “Mereka dari tidak kenal mampu baca dan mengenal alquran dalam waktu satu setengah bulan,” sebut ustad Yusron.

Rumah Tahfis Nailah itu mengasuh didikan sore dan praktek sholat. Selain ditangani ust HM Yusron Lc, rumah tahfis itu juga dibidani ust Ardison, SIQ, SPdi, ust Irsal, SIQ, SPdi dan ustzah Iema Yusu, S.Kom, juga mencetak anak didik yang paham alquran.

“Sebab, siapa yang ada alquran dihatinya maka siap siap hidupnya akan penuh kebaikan. Nah, untuk itu sangat diperlukan memahami dan membiasakan membaca alquran,” tambah Ustad HM Yusron.

Disebutkannya, di Rumah Tahfis Nailah, yang terletak di Jalan M. Syafii belakang SMK Elektro Muaro Sijunjung itu, anak didiknya diwajibkan hapal alquran.

“Untuk anak SD setidaknya wajib hapal alquran minimal satu jus. Sedangkan untuk SMP 2-3 Jus dan untuk anak SMA wajib minimal 3-5 jus hapal alquran. Bahkan diantara anak SMA ada yang hapal hingga 15 jus,” terang Pimpinan Rumah Tahfis Nailah Muaro itu.

“Khusus hari Sabtu Minggu proses belajar mengajar di Rumah Tahfis Alquran ini libur,” tambah Yusron. Saptarius