Sukses Kembangkan EBT, Gubernur Irwan Prayitno Raih Penghargaan Anugerah Energi Lestari GATRA 2017

1064
Menteri ESDM Ignatius Jonan serahkan penghargaan Anugerah Energi Lestari GATRA 2017 "Kategori Pemerintah Daerah Dengan Inisiatif Mendorong Pengembangan Energi Terbarukan" kepada Gubernur Irwan Prayitno di Hotel JS Luwansa, Jakarta, Jumat 15 September 2017. poto: Ist

JURNAL SUMBAR | Jakarta – Sebanyak 12 perusahaan dan pemerintah daerah menerima penghargaan dari Majalah Gatra dalam acara Anugerah Energi Lestari GATRA 2017. Acara yang dihadiri oleh Menteri ESDM Ignatius Jonan itu dilangsungkan di Hotel JS Luwansa, Jakarta, Jumat 15 September 2017.

Penghargaan ini diberikan kepada perusahaan-perusahaan dan pemerintah daerah yang dianggap memberikan kontribusi besar terhadap pengembangan energi terbarukan di Indonesia. Dan, kategori pemerintah daerah dengan inisiatif mendorong pengembangan energi terbarukan, diraih oleh Pemprov Sumatera Barat.

Team Majalah Gatra menilai, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno adalah Kepala Daerah di Indonesia yang terbaik dalam berinisiatif mendorong energi baru dan terbarukan dalam kurun waktu tahun 2017. Anugerah yang dipersembahkan oleh Majalah Gatra ini diserahkan oleh Menteri ESDM Ignatius Jonan.

Banyak provinsi lain yang dinilai oleh team Gatra, namun  berdasarkan berbagai penilaian dan kriteria oleh team Pakar Gatra yang bekerjasama dengan Kementerian ESDM, akhirnya Gubernur Sumatera Barat dipilih sebagai Kepala Daerah/Gubernur yg berinisiatif mendorong perkembangan energi baru dan terbarukan di Indonesia Tahun 2017.

Dalam hal ini, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno menyambut baik atas penghargaan yang tidak disangka-sangka tersebut. “Penghargaan ini adalah milik rakyat Sumatera Barat,” sebutnya usai menerima penghargaan.

“Alhamdulillah malam ini kami menerima anugerah sebagai Kepala Daerah yang mempunyai inisiatif mendorong pengembangan energi baru dan terbarukan tahun 2017,” ujar Irwan Prayitno sembari menambahkan, inisiatif pengembangan “green energy” di Sumatera Barat adalah sangat penting, mengingat kontur alam Sumbar yang memiliki potensi tersebut, serta mendorong pelestarian kualitas lingkungan dalam proses pembangunan.

Dikatakan Irwan Prayitno, dalam mengambangkan energy baru dan terbarukan, Pemprov Sumbar telah melakukan banyak gal, yaitu memberikan kemudahan berinvestasi dlm bidang energi baru dan terbarukan dalam bentuk regulasi, mendorong pembangunan PLTMH yang ramah lingkungan, pengembangan panas bumi, pembangunan PLTS di daerah2 terpencil yang belum terlistriki oleh PLN, membuat roadmap Sumbar sebagai lumbung energi hijau, kerjasama dengan Ditjen EBTKE dalam pengembangan EBT di Sumbar, dan mengirim tim tekhnis ke Jerman untuk mempelajari konsep EBT.

Dalam sambutannya, Presiden Direktur Majalah Gatra, Tigor Tanjung mengatakan, menjelang ulang tahun Majalah Gatra yang ke-23, pihaknya membuat acara untuk memberikan apresiasi kepada perusahaan BUMN maupun swasta dan pemerintah daerah yang berkomitmen terhadap perkembangan EBT.

Dijelaskannya, ada 12 kategori penghargaan yang penerimanya diseleksi ketat oleh tim panelis yang terdiri dari Pemimpin Redaksi Majalah Gatra Carry Nadeak, Ketua Masyarakat Energi Baru Terbarukan Indonesia (METI) Surya Darma, Sekretaris Ditjen Energi Baru Terbarukan dan Konsevasi Energi (EBTKE) Dadan Kusdiana dan Tenaga Ahli EBTKE Faisal Rahadian.

Menteri ESDM Ignasius Jonan yang turut hadir menyerahkan penghargaan, dalam sambutannya mengatakan, pemerintah saat ini juga sangat serius terkait pengembangn EBT di tanah air. “Terbukti hingga September 2017, pemerintah sudah menandatangani 60 kontrak terkait EBT,” ujar Jonan.

Berikut penerima penghargaan Anugerah Energi Lestari 2017:

1. Kategori Investasi, diraih oleh PT Supreme Energy.
2. Kategori Pengusahaan Yang Agresif Dalam Pengembangan Potensi Panas Bumi Terbesar, diraih oleh Sarulla Operations Limited.
3. Kategori Perintis Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) dan Masih Beroperasi, diraih oleh PLTP Kamojang.
4. Kategori Industri Turbin Energi Terbarukan Skala Kecil Dengan Jumlah Produksi Terbanyak diraih oleh, CV. Cihanjuang Inti Teknik.
5. Kategori Perintis Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB), diraih oleh UPC Sidrap Bayu Energi.
6. Kategori Penggiat Energi Terbarukan, diraih oleh Masyarakat Energi Terbarukan Indonesia (METI).
7. Kategori Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Kapasitas Terpasang Terbesar, diraih oleh PT. LEN Industri (Persero).
8. Kategori Perusahaan Terbanyak Membangun Pembangkit Listrik Tenaga Biogas (PLTBg), diraih oleh Asian Agri.
9. Kategori Konservasi Energi, diraih oleh Kementerian PUPR.
10. Kategori Pemerintah Daerah Aktif Mendorong Produksi Pengembangan Energi Terbarukan, diraih oleh Pemprov Jawa Barat.
11. Kategori Pemerintah Daerah Dengan Inisiatif Mendorong Pengembangan Energi Terbarukan, diraih oleh Pemprov Sumatera Barat. Enye/net