Terisolir, Warga Nagari Sisawah Sijunjung Berharap Pembangunan Jalan

493
Warga Sisawah saling bahu membahu membangun infrastruktur jembatan.

JURNAL SUMBAR | Sujunjung – Ribuan warga di Nagari Sisawah, Kecamatan Sumpurkudus, Kabupaten Sijunjung, Sumbar, mendesak pemerintah untuk serius membebaskan warga dari keterisoliran, terurama menyangkut infrastruktur.

Meski sejak 2014 pihak nagari membahasnya dalam usulan Musrenbang hingga ke tingkat kabupaten,  namun harapan pelebaran dan peningkatan status jalan di sana tak juga kunjung dibangun.

“Yang terpenting lagi diharapkan adanya peningkatan status jalan kabupaten Sisawah-Padanglaweh. Hingga kini warga melalui jalan setapak untuk menuju Padanglaweh,” kata Evernely, Walinagari Sisawah, kepada Jurnal Sumbar, Minggu (17/9/2017).

Bahkan menurut wali, setiap tahun, yakni sejak 2014, Pemerintahan Nagari Sisawah selalu mengusulkan dalam Musrenbang. “Namun hingga kini warga kami tetap jalan kaki munuju Padanglaweh,” tambah Evernely.

Tak hanya itu, pada saat hujan dan jalan tak bisa dilewati, warga pun harus menempuh jalur sungai menggunakan perahu untuk memobilisasi warga yang bertujuan ke Muaro mapun ke Padanglaweh.

“Dengan tidak memadainya infrastruktur, membuat nagari kami hingga kini masih saja terisolasi. Kami berharap suara kami bisa didengar pemerintah untuk membangun jalan baru,” pinta Ervenely, mewakili warga.

“Untungnya ada Bulan Bhakti Goto Royong Masyarakat (BBGRM), sehingga sebagian jalan ada yang diperbaki,” sebut Walinagari Sisawah, Ervenely. Saptarius