Tinjau Korban Banjir Bandang Solok Selatan, Gubernur Irwan Prayitno Intruksikan Penanganan Pasca Banjir dan Antisipasi Dini

369

JURNAL SUMBAR | Padang – Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno meninjau nagari Pakan Rabaa Tangah, Kabuoaten Solok Selatan yang terdampak banjir bandang, Rabu, 20 September 2017. Didampingi kepala OPD terkait, Gubernur Irwan berdialog langsung dengan masyarakat terdampak.

Demikian disampaikan Kepala Biro Humas Setdaprov Sumbar melalui rilisnya yang diterima media ini.

Dikatakan Jasman, di kesempatan tersebut, Guburnur Irwan langsung memberikan instruksi kepada Bupati Solok Selatan dan stakeholder terkait tentang penanganan pasca bencana, dan upaya-upaya yang harus dilakukan agar banjir bandang bisa diantisipasi sedini mungkin dampaknya.

“Bapak Gubernur juga memberikan santunan dan bantuan kepada masyarakat yg terdampak banjir bandang,” ujarnya.

Seperti diketahui, banjir bandang kembali menerjang Solok Selatan, Sumatera Barat dan mengakibatkan 138 rumah rusak dan 160 kepala keluarga (571 jiwa) terdampak.

Banjir tersebut disebabkan hujan deras pada Kamis, 14 September 2017 malam pukul 20.30 WIB. Banjir bandang disertai lumpur, kayu dan batu menerjang permukiman dan lahan pertanian. Tidak ada korban jiwa dari banjir bandang itu dengan 42 KK mengungsi di rumah saudaranya.

Data sementara tercatat di Jorong Bancah Anak Lolo 56 KK atau 218 jiwa terdampak dengan 46 unit rumah rusak terdiri atas 12 rusak berat, enam rusak sedang dan 28 rusak ringan.

Selanjutnya di Jorong Batang Lolo Atas 62 KK (224 jiwa) terdampak dengan 59 unit rumah rusak (11 rusak berat, 48 rusak ringan), Jorong Batu Kulambai 41 KK (126 jiwa) terdampak dan 32 rumah rusak (19 rusak berat, 13 rusak ringan), Jorong Batang Lolo 1 KK (3 jiwa) terdampak serta satu unit rumah rusak ringan. Kelompok rentan yang terdampak tercatat sebanyak 17 jiwa lansia, 25 balita dan 1 jiwa disabel. Rilis