Tumpahan Minyak Cemari Laut Pelabuhan Teluk Bayur Padang

Tim DLH Provinsi Sumbar Sudah di Lapangan

1367

JURNAL SUMBAR | Padang – Laut di kawasan Pelabuhan Teluk Bayur Padang dicemari tumpahan minyak. Belum diketahui jenis apa minyak yang tumpah tersebut. Tim Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sumbar dan instansi terkait sudah di lapangan meninjau kejadian ini.

“Benar, ada laporan tumpahan minyak di Pelabuhan Teluk Bayur,” sebut Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sumbar, Hj. Siti Aisyah kepada Jurnal Sumbar via ponsel, Kamis siang (28/9-2017). “Tim kita sudah di lapangan bersama instansi terkait lainnya,” tambahnya.

Dikatakan Siti Aisyah, pihaknya sedang meneliti jenis minyak yang tumpak tersebut. “Kini bersama pihak terkait sedang mengupayakan penanganan tanggap darurat,” sebutnya. “Kalau mereka (perusahaan pemilik minyak yang tumpah-red) tidak punya alat penyedot tumpahan minyak tersebut, nanti kita bisa pakai milik Pertamina,” tambahnya.

Ditambahkannya, biaya penanganan tanggap darurat akan dibebankan ke perusahaan yang mencemari laut tersebut. “Di samping itu, nanti kita akan hitung kerugian dari akibat pencemaran tersebut, dan perusahaan tersebut harus bertanggungjawab atas kerugian yang terjadi,” tegasnya.

Dari informasi yang ada, telah terjadi kebocoran tanki timbun minyak milik PT Musi Mas. Akibat kebocoran tanki timbun yang berlokasi di samping Mako Lantamal II Padang tersebut telah mencemari laut di sekitar Pelabuhan Teluk Bayur Padang. Enye