Usulan Gubernur Sumbar Jadi Acuan Pengendalian Inflasi Se Sumatera

14th Chief Ministers And Governors Forum

268

JURNAL SUMBAR | Bangka Belitung – 14th Chief Ministers And Governors Forum (CMGF) dalam The 23rd IMT GT Ministerial Meeting and Related Meetings digelar di Pangkal Pinang, Bangka Belitung 25 – 29 Sept 2017.

Acara yang dipimpin Menko Perekonomian Darmin Nasution ini diikuti oleh Gubernur Se Sumatera dan perwakilan dari pemerintah Malaysia, Thailand dan Pemerintah Pusat.

Pada kesempatan ini Gubernur Sumbar Irwan Prayitno menekankan dan mengusulkan beberapa hal, antara lain, pertama, sekaitan dengan pengendalian inflasi, perlu data kebutuhan pangan antar provinsi Se Sumatera, perlu fata potensi dan produksi pangan Se Sumatera, dan perlu kesepakatan mekanisme pengiriman pangan antar provinsi untuk memenuhi kebutuhan pangan masing2 provinsi.

Selanjutnya, kedua, perlu adanya konektivitas penerbangan antar ibu kota provinsi se Sumatera, dan ketiga, percepatan pembangunan rel kereta api antar provinsi se Sumatera.

“Agar ketiga hal tersebut efektif dilaksanakan, diperlukan ada MoU antara Gubernur se Sumatera,” sebut Gubernur Irwan Prayitno.

Menko Perekonomian Darmin Nasution menyambut baik dan meminta supaya yang disampaikan Gubernur Sumbar menjadi hal penting untuk ditindaklanjuti segera.

Dalam pertemuan ini juga melibatkan tim TPID masing-masing provinsi untuk melakukan berbagai diskusi untuk pengendalian inflasi di masing-masing daerah. Rilis