Bakawuo Adat, Warga Lalan Sijunjung Gelar Hiburan Rakyat dan Sembelih Kerbau

464
Acara bakaua di Lalan, Sijunjung. poto Ist.

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Ribuan warga Nagari Lalan, Kecamatan Lubuktarok, Kabupaten Sijunjung, Sumbar, sepanjang Minggu hingga Senin (8-9/10/2017) tumpah.

Dari berbagai jorong mereka hadir menyaksikan hiburan rakyat dan makan bajambah. Kegiatan itu merupakan rangkaian dari acara Bakawuo Adat Datuk Nan Barampek Lalan, Nagari Lalan daerah setempat.

Walinagari Lalan Martonis dan Sekretaris Nagari Lalan, Sabarrudin, kepada Jurnal Sumbar, Senin (9/10/2017), menyebutkan, acara Bakawuo Adat itu, sebagai bentuk tanda syukur warga pada Alloh SWT atas hasil panen (sawah).

Pada Minggu (8/10/2017) malam digelar pentasan hiburan rakyat semalam suntuk. Aneka kesenian tradisional rakyat dipusatkan dihalaman SDN Lalan itu pun ditampilkan.

Sebelum acara prosesi puncak berkawuo adat, Senin (9/10/2017) pagi, para ninik mamak Datuk Barampek Lalan menyembelih seekor kebau besar.

“Dagingnya dibagi pada anak cucu kemenakan untuk dimasak. Pada siangnya, gulai daging berserta nasi dan ragi, lemang dan tapai dibawa ke lapanganan. Dilapangan itu digelar makan berhambah dan memanjatkan doa agar selalu diberkahi dalam bercocok tanam,” ujar Ketua KAN Lalan, Kusaili Dt Mudo Nan Sati diamini Walinagari Martonis, Seknag Sabarrudin dan panitia pelaksana acara bakawuo adat, Rusmaldi dan Wahyu Irawan.

Acara bakawuovadat itu, juga dihadiri Camat Lubuktarok, Dodi Katim, beserta staf, Kapolsek Iptu Syafruddin Arief, SH juga beserta anggota. Bupati Sijunjung, diwakili staf ahli Nizam Ul Muluk, dan undangan lainnya juga hadir. Sebelum acara puncak juga ada penyerahan bantuan peralatan olahraga bagi jorong-jorong di nagari setempat. Saptarius