Bimbingan Teknis, Bupati Irfendi Arbi: Pengelolaan Arsip Itu Penting

263
Bupati Irfendi Arbi poto bersama dengan peserta bimtek pengelolaan arsip di ballroom Sago Bungsu di Tanjung Pati. poto: Ist.

JURNAL SUMBAR | Limapuluh Kota – Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi membuka secara resmi kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) pengelolaan arsip dinamis bagi pengelola arsip OPD, di Ballroom Sago Bungsu Tanjung Pati, baru-baru ini.

Ikut hadir, Kepala Dinas perpustakaan dan Kearsipan Radimas, Narasumber dari Dinas Kearsipan dan perpustakaan Provinsi Sumbar, beserta peserta bimbingan teknis dari berbagai OPD di Lingkungan Pemkab Limapuluh Kota.

Dalam sambutannya, bupati Irfendi Arbi sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan bimtek ini, menurut Irfendi dengan adanya bimtek ini diharapkan dapat memberikan pemahaman terutama kepada aperatur yang bertanggung jawab terhadap segala administrasi di OPD.

“Saya sangat mendukung kegiatan yang positif ini, dengan diadakannya bimtek ini diharapkan dapat memberi pengetahuan bagaimana cara mengelola arsip yang baik dan meningkan pengetahuan peserta akan tata kelola kearsipan yang sesuai dengan ketentuan dan aturan yang berlaku,” ujarnya.

Untuk itu, Irfendi berharap seluruh peserta yang mengikuti bimtek untuk dapat mengikuti seluruh kegiatan dengan baik dan melaksanakan tata kelola kearsipan yang tepat pada OPD masing-masing nantinya.

“Kita tidak ingin lagi setelah mengikuti bimbingan ini masih ada OPD yang administrasinya Semrawut dan tidak beraturan. Pengelolaan arsip ini sangat penting, Karena arsip yang tidak tertib akan merugikan kita semua, serta dapat mendatangkan masalah di kemudian hari,” tegasnya.

Sementara itu Kadis perpustakaan dan kearsipan, Radimas mengatakan bimtek pengelolaan arsip dinamis ini di adakan dalam rangka memberi pembelajaran kepada tiap OPD untuk pengelolaan arsip serta untuk mewujudkan penyelenggaraan pelayanan publik yang baik.

“Kegiatan ini dilakukan dalam rangka memberi pemahaman ke setiap OPD dalam pengelolaan kearsipan ke masing-masing OPDnya, sehingga arsip yang ada dapat dikelola dan dijaga dengan baik sehingga pelayanan publik juga akan berjalan dengan baik,” ujarnya.

Radimas berharap dengan diadakannya bimtek ini seluruh peserta nantinya dapat meningkatkan pengetahuan, keahlian, keterampilan dan sikap dalam melaksanakan tugas di bidang kearsipan. Juga menciptakan kesamaan visi dan pola pikir dalam melaksanakan pengelolaan arsip.

“Semoga setelah diadakan bimtek ini, perserta akan akan dapat mewujudkan penyelenggaraan kearsipan yang lebih baik di Kabupaten Limapuluh Kota dengan suatu sistem penyelenggaraan kearsipan yang komprehensif dan terpadu,” jelasnya. Suwanda