Dinas Dagperinkop UKM Sijunjung Bina Kemitraan IKM dan Perbankan

287
Dinas Dagperinkop UKM gelar temu palaku usaha dalam rangka pembinaan IKM dan kemitraan dengan perbankan di hotel Bukit Gadang, Senin (15/10-2017). poto: Ist.

JURNAL SUMBAR | Sijunjung –
Dalam rangka Temu Pelaku Usaha di Kabupaten Sijunjung, Dinas Dagperinkop UKM melakukan pembinaan terhadap IKM dan kemitraan dengan perbankan di ruang pertemuan Hotel Bukik Gadang, Senin (16/10/2017).

Acara yang dibuka oleh kepala Dinas Dagperinkop UKM Kabupaten Sijunjung, Em Yasri, SE, MM, juga dihadiri oleh Ketua DPRD Yusni Darti , SH, MM, Nara Sumber Mamanto Fani, SPt dan para pelaku usaha yang ada di Kabupaten Sijunjung.

Kadis Dagperinkop UKM menegaskan, bahwa dalam upaya peningkatan dan pengembangan industri di Kabupaten Sijunjung tidak akan berjalan lancar tanpa sinergi dan kerja sama yang kuat dari seluruh stakeholder terkait industri antara pemerintah, pelaku usaha perbankan dan masyarakat.

“Untuk itu marilah kita bersama-sama mendorong para pelaku usaha, baik BUMN maupun swasta agar meningkatkan kegiatan kegiatan CSR-nya pada bidang ekonomi, melalui pembinaan dan pengembangan indutri kecil dan menengah (IKM) di sentra sentra IKM ataupun masyarakat setempat,” ujarnya.

Ketua DPRD dalam sambutannya menyampaikan kepada para pelaku usaha agar bisa bekerja sama, seperti bergabung dalam suatu organisasi tertentu, salah satunya IWAPI. “Agar nantinya kita mudah mencari produk atau memasarkan nya ke luar daerah. Dengan memasarkan produk kita melalui media sosial supaya orang bisa mengatahui dengan cepat,” sebutnya.

Sementara Kabid Perindustrian Hendri Nurka, S.Sos dalam laporannya menyampaikan, bahwa kegiatan ini dilaksanakan satu hari, peserta sebanyak 70 (tujuh puluh) orang terdiri dari klasifikasi usaha industri non agro 30 orang, dan industri agro 40 orang. Fasilitas yang diberikan berupa ATK, Kosumsi, uang jasa pengganti biaya transportasi yang diberikan kepada masing – masing peserta.

Nara sumber berasal dari motivator, Mamanto Fani, S.Pt, Manajemen Usaha Saudari Reni Kurnia, S.Pd, MM. Dari Dinas DPMPTSP mengenai perizinan online serta kemitraan dengan perbankan dari BUMN/BUMD yaitu dari Bank Nagari dan BNI. Andi hms