Kuliner Unggulan UMKM Sumbar Diperkenalkan di Pameran AGUNA 2017 Jerman

Jurnal Kunjungan Kerja Gubernur Sumbar di Jerman

272
Pembukaan secara resmi stand Indonesia dan Sumatera Barat pada ajang pameran AGUNA 2017 di Jerman. poto Ist.

JURNAL SUMBAR | Jerman – Pada hari Sabtu tanggal 7 Oktober 2017, delegasi sumatera Barat melakukan serangkaian acara yang cukup padat pada kunjungan kerja ke Jerman.

Awal rangkaian acara adalah, pembukan secara resmi stand Indonesia dan Sumatera Barat di ajang Pameran Allgemeine Nahrung Genussmittel Austellung (ANUGA) 2017.

Pada kesempatan ini hadir Ibu Binoni Napitupulu dari Kementerian Industri dan Bapak Ibnu Prispermana Konjen RI di Frankfurt, ibu Olvy Andrianita atase Perdagangan Kedubes RI untuk Belgia serta Wendy Lim Direktur Koelnmesse Asia Pacific.

ANUGA dibuka oleh Henriette Rekker (Walikota Cologne), dan Wolfgang Ingold (Chairman of the Federation German Food and Drink Industries)

Delegasi Indonesia yang diwakili oleh Pemprov Sumbar, menyiapkan pameran tanpa kenal lelah dan nyaris tanpa istirahat. Namun akhirnya jerih payah semua anggota tim terobati, karena acara pembukaan berlangsung dengan baik dan mendapat pujian dari pengunjung.

Agar acara pembukaan berlangsung baik, sebelum acara dimulai, seluruh tim dibriefing oleh panitia yang sangat profesional.

“Alhamdulillah semua tim bersemangat bergotongroyong menyiapkan stand dan etalase Sumatera Barat pada masyarakat Eropa dalam pameran kali ini. Alhamdulillah, hasilnya tidak mengecewakan,” sebut Gubernur Irwan Prayitno.

Tidak terkecuali ketua Dekranasda Sumbar beserta anggotanya, saling bahu membahu berupaya memberikan yang terbaik untuk menampilkan produk UKM kita dari Sumatera Barat.

Ada hal yang sangat menarik, untuk beribadah di Jerman sangat mudah, karena mesjid banyak dan sangat indah dan representatif. Sehingga, sesibuk apapun kami, menunaikan kewajiban sebagai seorang muslim dan muslimah tetap bisa berjalan dengan baik.

ANUGA menampilkan produk kuliner unggulan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Sumatera Barat. ANUGA adalah salah satu pameran makanan dan minuman internasional terbesar dunia di Cologne, Jerman, yang berlangsung pada tanggal 7 hingga 11 Oktober 2017.

Sumatera Barat ikut serta dalam pameran ini dengan produk lokal Sumatera Barat seperti rendang, kopi, gula merah bubuk, kerupuk, dan aneka makanan lokal Sumatera Barat.

“Sumbar satu-satunya provinsi yang diundang dalam pameran ini dan karena itu kita manfaatkan semaksimal mungkin untuk menumbuhkan penjualan dan memperbesar kapasitas market UMKM kita,” papar Irwan Prayitno dalan jurnal perjalannya ke Jerman. rilis