Kunker ke Sijunjung, Pemkab Jepara Bahas Soal Transmigrasi

649
Bupati Yuswir Arifin poto bersama dengan Pemkab Jepara usai memberi cenderamata. poto: Ist.

JURNAL SUMBAR | Sijunjung –
Pemerintah Kabupaten Jepara, Kamis (12/10/2017), melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat. Kunker itu terkait rencana penempatan warganya menjadi warga transmigrasi di Sijunjung.

Tim Kunker Pemkab Jepara itu langsung diterima Bupati Sijunjung H Yuswir Arifin, serta didampingi Sekdakab Zefnihan, Kepala Bappeda Febrizal Ansori, dan Kepala Dinas Nakertras Riki Mainaldi Neri di kantor Bupati Sijunjung.

Tim Pemkab Jepara itu terdiri dari, Drs. Akhmad Junaidi, MSi, Asisten Pemerintahan Sekdakab Jepara dan Drs, Dwi Riyanto, MM. Kadis Koperasi, UKM, Kadis Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Jepara. Ir. Wasiyanti, MSi serta Kadis Perikanan dan Kelautan Kabupaten Jepara tersebut terkesan dengan Sijunjung.

Pada kesempatan itu Kadis Nakertras Sijunjung, Riky, menjelaskan, kunjungan rombongan dari Kabupaten Jepara bertujuan untuk Penjajakan atau Survey Lokasi Transmigrasi di Padangtarok SP I di Kecamatan Kamangbaru.

Dimana pada tahun 2018, Pemprov Jawa Tengah akan menempatkan 100 KK di lokasi Transmigrasi Padangtarok dan sebanyak 5 KK berasal dari Jepara. Pembangunan perumahan warga transmigrasi itu dengan anggaran APBD Jawa Tengah.

Selain Jawa Tengah, warga Jogyakarta sebanyak 10 KK juga akan menempati pemukiman transmigrasi. “Transmigrasi reguler dari Sumbar juga ada sebanyak 50 KK. Jadi, di tahun 2018 itu akan ada sebanyak 160 warga transmigrasi di Padangtarok,” kata Kabid Transmigrasi Sijunjung, Sugeng kepada Jurnal Sumbar, Kamis (12/10/2017) siang.

Usai temu ramah di Sijunjung, kedua Pemkab (Sijunjung-Jepara) itu juga saling memberikan cenderamata. Andi humas