Menuju Smart City, Lampu PJU Padang Pariaman akan Gunakan Teknologi Smart System

655
Rombongan DPRD dan Dinas Kominfo Padang Pariaman berkunjung ke kantor pusat Telkom di Jakarta bahas teknologi smart system lampu PJU. poto: Ist.

JURNAL SUMBAR | Jakarta – Kabupaten Padang Pariaman akan menerapkan teknologi Penerangan Jalan Umum (PJU ) Smart System. Tahun 2018, akan dipasang di 200 titik yang tersebar di 17 kecamatan. Hal ini dilakukan dalam rangka mensinergikan program Smart City Kabupaten Padang Pariaman.

Hal tersebut terungkap ketika rombongan Komisi III dan Ketua DPRD Kabupaten Padang Pariaman beserta Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) setempat melakukan kunjungan kerja ke Kantor Pusat Telkom di Jakarta, Jumat (20/10-2017).

Menurut Ketua Komisi III DPRD Padang Pariaman, Happy Neldy, SE, MM, dengan smart system ini, maka pengelolaan PJU akan jauh lebih efisien dan efektif. “Karena, setiap ada gangguan pada PJU, akan langsung terdeteksi, sehingga bisa segera dilakukan perbaikan,” sebutnya.

Di sisi lain, dengan smart system dapat dilakukan pengaturan sumber daya listrik untuk PJU lebih efisien. “Jika teknologi ini terpasang, Insya Allah akan menghemat 50 persen pengeluaran untuk pembiayaan PJU”, tukuk Happy Neldy.

“Oleh karena itu, jika alat ini terpasang, diharapkan 50 persen dari pengeluaran tersebut akan tetap ada di APBD kita, dan ini secara tidak langsung akan meningkatkan PAD Padang Pariaman” tambahnya.

“Untuk diketahui saja, kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya dan Makasar telah terlebih dahulu memanfaatkan teknologi ini,” tutup Ketua DPC Gerindra itu. rilis