Pasar Lama Pulau Punjung akan Disulap Jadi Pusat Kuliner dan Wisata

456

JURNAL SUMBAR | Dharmasraya – Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan bersama Wakil Ketua DPRD Ampera Labuan Basa mengunjungi komplek Pasar Lama, Pulau Punjung. Dua tokoh terkemuka Ranah Cati nan Tigo juga didampingi oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Bina Marga Junaidi Junus.

Kunjungan bupati Sutan Riska dan pimpinan DPRD ke Pasar Lama untuk melihat kawasan tersebut, dimana kedepan akan dijadikan daerah wisata dan pusat kuliner bagi masyarakat Dharmasraya dan sekitarnya.

Rencana tersebut dinilai strategis lantaran Pasar Lama berada di tepi Sungai Batang Hari sehingga sangat tepat dijadikan tempat wisata bagi masyarakat local dan regional.

Apalagi, saat ini jembatan Sungai Daerah sedang dibangun. Apabila telah siap, jembatan itu akan memperindah kawasan tersebut.

Untuk mewujudkan komplek wisata tersebut, Pemerintah Kabupaten Dharmasraya berencana akan membangun Ruang Terbuka Hijau (RTH) dan Ruang terbuka Publik (RTP) di kawasan Pasar Lama tersebut.

“(kunjungan untuk melihat) perencanaan (pembangunan) Ruang Terbuka Hijau (RTH) dan Ruang terbuka Publik (RTP) kabupaten yang berlokasi di Pasar Lama, Pulau Punjung,” tutur Walinagari IV Koto Pulau Punjung, David Iskan yang ikut menemani petinggi Dharmasraya tersebut.

Ampera Labuan Basa menjelaskan bahwa apabila RTH dan RTP ini selesai dibangun, maka kawasan Pasar Lama akan menjadi komplek wisata dan pusat kuliner bagi masyarakat Dharmasraya, khususnya Pulau Punjung.

Rencana Pemkab itu, dinilai Labuan Basa juga akan mendorong sektor Usaha Kecil dan Menengah dan juga akan menggerakan ekonomi masyarakat sekitar kawasan tersebut. Dan politisi Nasdem itu sangat mendukung ide dari Pemkab tersebut.

“Selain membangun komplek wisata, rencana itu juga akan mendorong UKM dan menggerakan ekonomi masyarakat. Kita sangat mendukung,” ucap Ampera. Jefri