Pesisir Selatan Diverifikasi Tim Kabupaten Sehat Tingkat Nasional

448

JURNAL SUMBAR | Pesisir Selatan – Kabupaten Pesisir Selatan diverifikasi oleh Tim Pusat dalam rangka kabupaten sehat tingkat pusat, di kantor Forum Kabupaten Sehat (FKS) di Painan, Kamis  (05/10/17).

Dalam sambutannya Bupati Hendrajoni mengatakan, dengan masuknya Kabupaten Pesisir Selatan dalam salah satu yang dinilai, tentu membuat bangga dan harus mempersiapkannya secara baik.

“Masuknya Pessel ke dalam nominasi kabupaten sehat tingkat nasional, tentu membuat kita bangga. Dan kita akan mempersiapkannya dengan baik,” kata Hendrajoni.

Hendrajoni menerangkan, kabupaten sehat adalah suatu kondisi kabupaten yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni oleh penduduknya.

Lebih jauh Hendrajoni menjelaskan, dalam rangka mengoptimalkan penyelenggaraan program kabupaten sehat, telah dibentuk forum kabupaten sehat sampai ketingkat nagari. Dan pemerintah, katanya melengkapi dengan sarana prasarana termasuk tersedianya sekretariat tempat kita laksanakan acara hari itu dilangsungkan.

“Tahun 2017 Kabupaten Pesisir Selatan kedua kalinya diverifikasi untuk menjadi salah satu Kabupaten Sehat, dengan empat tatanan, kawasan permukiman, sarana dan prasarana sehat, kawasan sarana lalu lintas tertib dan pelayanan transportasi, ketahanan pangan dan gizi serta kehidupan masyarakat yang sehat dan mandiri”, ulas Bupati.

Hendrajoni atas nama masyarakat dan pemerintah kabupaten Pesisir Selatan sangat berharap meraih penghargaan tersebut. Ia menyebut penghargaan Swati Saba Wiwerda merupakan sesuatu yang dia impikan.

“Harapan kami kepada tim penilai tentu Pesisir Selatan dapat meraih penghargaan Swati Saba Wiwerda yang kami impikan terwujud,” jelas Hendrajoni.

Pada acara ekspose tersebut juga dihadiri, oleh ketua dan anggota Forum Kabupaten Sehat, Kepala OPD dan unsur terkait. Jefri