Publikasi Kegiatan Pemerintah, Biro Humas Pemprov Sumbar Berdayakan Pers Kampus

530
Penandatanganan MoU kerja sama Pers Kampus dengan Biro Humas Setdaprov Sumbar di kantor Gubernur di Padang, Jumat (20/10-2017). poto: Ist.

JURNAL SUMBAR | Padang – Biro Humas Sekretariat Daerah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) bekerjasama dengan pers kampus dalam peliputan dan pemberitaan. Nantinya, akan direkrut 10 anggota pers kampus dan untuk awalnya, menggandeng tiga pers kampus.

Tiga kampus itu, yakni Suara Kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang, Ganto Universitas Negeri Padang (UNP), Wawasan Proklamator Universitas Bung Hatta (UBH)Padang.

“Mereka yang direkrut dari pers kampus, nantinya akan kita libatkan membantu meliput berbagai kegiatan pemerintahan di Pemprov Sumbar. Hasil dari liputan diolah menjadi press rilis untuk disebarkan pada media,” ujar Kepala Biro Humas Setdaprov Sumbar, Jasman, Jumat (20/10) usai penandatanganan nota kesepahaman kerjasama Humas dengan Pers kampus, di ruang rapat escape building kantor gubernur.

“Jadi dengan adanya kerjasama ini, kita harapkan akan muncul jurnalis muda dari kampus. Kampus itu adalah agen perobahan dan dari kampus akan muncul jurnalis jurnalis muda yang berbakat. Jurnalis muda kampus yang akan berkecimpung melakukan peliputan setiap hari, akan bersentuhan langsung dengan rekan media yang rutin mengolah berita tentang pemerintahan Sumbar dan disanalah mereka akan belajar langsung dengan wartawan sungguhan dilapangan,” ungkapnya.

Ditambahkannya, melalui interaksi itu, akan ada pembelajaran bagi adik-adik pers kampus dalam menambah wawasan tentang jurnalistik.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Rektor Universitas Bung Hatta Padang, Dr. Diana Kartika mengatakan, kerjasama biro humas dengan jurnalis pers kampus merupakan sebuah kesempatan yang sangat baik dan langka. Untuk itu, mereka yang nantinya magang di Humas Setdaprov Sumbar, harus menjalani tugasnya dengan serius.

“Ini kesempatan untuk mereka menerapkan ilmunya di lapangan, sekaligus mendapat ilmu baru. Apalagi mereka memang konsen dengan jurnalistik, ternyata mendapat peluang sebagai petugas peliput. Mendapat kepercayaan sesuai dengan minat, ini yang harus disyukuri,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Sub Bagian Liputan Biro Humas Setdaprov Sumbar, Fadhli Junaidi mengatakan, dengan dilakukannya MoU ini dengan menggandeng pers kampus, akan memberikan angin segar perkembangan jurnalis muda dan membantu humas dalam memberikan informasi kepada masyarakat tentang kegiatan pemerintahan.

“Dengan telah ditandatangani nota kesepahaman untuk kerjasama, akan memberikan angin segar perkembangan jurnalis muda dan membantu humas dalam memberikan informasi kepada masyarakat tentang kegiatan pemerintahan,” pungkasnya. rilis