Semangat Sumpah Pemuda, Weno Aulia: Pemuda Harus Menjaga Tradisi Sosial dan Budaya Ranah Minang

357
Weno Aulia Durin

JURNAL SUMBAR | Padang – Politisi partai Golkar, Weno Aulia Durin mengharapkan peran generasi muda dalam sosial, ekonomi, budaya dan politik untuk mengisi pembangunan di Sumatera Barat. Peran aktif itu sangat dibutuhkan di tengah ketatnya persaingan di berbagai bidang.

Pernyataan itu disampaikan Bendahara Umum DPD Partai Golkar Sumbar ini saat berbincang dengan media ini beberapa waktu lalu di Padang.

“Dalam rangka peringatan Sumpah Pemuda kita berharap peran pemuda Sumbar lebih aktif di berbagai bidang,” tutur Weno Aulia Durin.

Di tengah ketatnya persaingan dan pengaruh arus globalisasi, lanjut Weno, peran pemuda dibutuhkan untuk melanjutkan tradisi sosial budaya Ranah Minang agar dapat dilestarikan dan diwariskan untuk generasi selanjutnya.

“Masing-masing daerah punya budaya, adat istiadat dan kearifan lokal. Peran pemuda dibutuhkan di sana agar sosial budaya dan adat istiadat itu terus lestari dan untuk menangkal budaya asing yang juga tengah gencar-gencarnya,” terang Weno.

Putra mantan Gubernur Hasan Basri Durin itu juga berharap peran pemuda untuk lebih aktif dalam bidang sosial politik. Peran itu dibutuhkan untuk mendapatkan figur kepemimpinan baik di legislatif maupun di eksekutif.

”Jangan sampai generasi muda alergi dengan politik lalu memilih golput. Padahal ditangan mereka sosok pemimpin berkuliatas itu didapatkan. Intelektual generasi muda menentukan arah kepemimpinan dan keberlanjutan masa depan daerah,” demikian ulas calon walikota Padang itu. Jefri