Bappeda Sijunjung Latih 40 Supervisor dan Enumerator SABRT

317

JURNAL SUMBAR | Sijunjung –
Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah ( BAPPPEDA) Kabupaten Sijunjung menggelar Pelatihan Koordinator Supervisor dan Enumerator Survey Air Minum dan Penyehatan Lingkungan Berbasis Rumah Tangga (SABRT) di Kabupaten Sijunjung tahun 2017.

Pelatihan ini dilaksanakan selama 2 (dua) hari pada tanggal 30 November s/d 1 Desember yang dilaksanakan di Aula Pertemuan Hotel Said Bukit Gadang dan dibuka Bupati Sijunjung yang diwakili oleh Staf Ahli Bupati Drs. Syahrial, MM pada Kamis (30/11/2017).

Hadir pada acara tersebut Sekretaris Bapppeda, Drs. John Iskandar, Tim Fasilitator SABRT Pokja AMPL Nasional Endang Sri Redjeki, SP, MM, Pokja AMPL provinsi Sumatera Barat yudha prima, S.STP besrta undangan lainnya.

Bupati Sijunjung dalam sambutan yang dibacakan Staf Ahli Drs. Syahrial, MM menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mewujutkan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Hal ini sesuai dengan misi Bupati Sijunjung yakni meningkatkan kualitas sumberdaya manusia yang kuat, sehat, cerdas serta berakhlakul kharimah.

Untuk itu Bupati juga mengharapkan kepada Bidan desa selaku petugas survey dan sanitarian sebagai supervisor survey, mengikuti pelatihan ini dengan sungguh sungguh dan kepada Camat dan kepala Puskesmas selaku koordinator lapangan tingkat kecamatan agar terus memantau palaksanaan survey ini tegas Bupati yang dibacakan Staf Ahli Syahrial.

Kabid Perencanaan Sosial Budaya Bapppeda Kabupaten Sijunjung Rosman Efendi, M. Si menyampaikan dalam laporannya bahwa peserta pelatihan ini berjumlah 40 orang yang terdiri dari Koordinator wilayah Kabupaten dan anggota Pokja AMPL Kabupaten Sijunjung, Supervisor sebanyak 4(empat) orang yang merupakan sanitarian di puskesmas Gambok dan Puskesmas Sijunjung serta Enumerator sebanyak 24 (dua puluh empat) orang merupakan bidan desa dari seluruh Nagari di Kecamatan Sijunjung.

Kabid Bappeda, Rosman menambahkan kepada peserta pelatihan diberikan tas, alat tulis, konsumsi, dan akomodasi selama pelatihan, Serta setelah pelatihan akan dilaksanakan survey. Kepada Enumerator dan supervisor diberikan insentif nantinya terang Kabid Perencanaan Sosial Budaya Bapppeda Rosman Efendi. Andi Humas