Demi Air Bersih PAMSIMAS, Warga Batanglalan Sijunjung Goro Massal

306
Warga Jorong Batanglalan, nagari Lalan goro untuk mendapatkan aliran air bersi Pamsimas. poto: Ist.

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Demi mendapatkan program air bersih PAMSIMAS, ratusan warga Jorong Batanglalan, Nagari Lalan, Kecamatan Lubuktarok, Kabupaten Sijunjung, Sumbar, Minggu (5/11/2017) saling bahu-membahu lakukan gotoroyong (Goro) massal.

“Selama ini kami kesulitan untuk mendapatkan air bersih. Apalagi bila kemarau panjang, harus basitungkin mencari air bersih ke Batang Sukam/Lubukkosek yang jaraknya sekitar 4 kilometer dari Jorong Batanglalan,” kata Dion Okta Purnama, Kepala Jorong Batanglalan, usai Goro bersama.

Goro massal dilaksanakan setiap hari minggu. “Ini sudah Goro yang ketiga kali. Dengan adanya Goro masal, diharapkan masyarakat dapat menikmati air PAMSIMAS yang bersumber dari Sungai Tarik-tarik, Patikin, di Nagari Lalan,” sebut Dion.

Dijelasjan Dion, pembabungunan PAMSIMAS itu tertidiri dari dua titik. Selain sumber air batang Patikin, sumber lainnya berada di batang Polan. Dengan adanya rencana pembangunan PAMSIMAS itu, setidaknya ada 96 kepala keluar (KK) bisa tersuplai air PAMSIMAS.

Goro masal itu juga diikuti Walinagari Lalan, Martonis. Tak ketinggalan, Walinagari Lalan pun turun tangan lakukan goro. “Barek samo kito pikua, ringan samo kito jinjing. Kalau bersama tak ada yang berat dan Goro itu perlu dibudayakan, apalagi ini menyangkut untuk hidup orang banyak,” ujar Walinagari Lalan Martonis ketika itu. Saptarius