Di Pesisir Selatan, Konsorsium Sembilan BUMN Kembangan Objek Wisata Pantai Sago

264
Bupati Hendrajoni poto bersama dengan perwakilan Konsorsium Sembilan BUMN sebelum peletakan batu pertama pengembangan kawasan wisata Pantai Sago. Ist.

JURNALSUMBAR | Pesisir Selatan – Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan (Pemkab Pessel) terus memacu pembangunan infrastruktur pengembangan pariwisata di daerahnya. Tidak tanggung-tanggung, 9 Badan Usaha Milik Negera (BUMN) yang tergabung dalam Konsorsium BUMN ikut berpartisipasi kembangkan kawasan wisata Pantai Sago di kecamatan IV Jurai.

Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni meletakan batu pertama pembangunan infrastruktur kawasan Pantai Sago sebagai salah satu icon wisata Pesisir Selatan di Pantai Sago, Senin (27 November 2017). Acara tersebut dihadiri unsur Forkominda Kabupaten Pesisir Selatan beserta perwakilan Konsorsium BUMN.

Siriah di Carano ucapan selamat datang di Pantai Sago. Ist.

Kesembilan BUMN itu adalah, PT Wijaya Karya, PT Pembangunan Perumahan, PT. PLN, PT Telkom, PT Pegadaian, PT. Semen Indonesia, PT. Surveyor Indonesia, PT ITDC, dan PT Bank BNI.

“Dorongan ini menjadi momentum penting bagi pembangunan daerah, sehingga makin laju dan melesat cepat pembangunan infrastruktur kawasan wisata Pantai Sago,” sebut Bupati Hendrajoni dalam sambutannya.

Dijelaskan, Konsorsium BUMN papan atas tersebut tentu sudah memiliki standar atau SOP yang jelas dan terukur, mengapa kabupaten Pesisir Selatan yang dipilih sebagai mitranya.

Diskusi dengan perwakilan Konsorsium BUMN.

“Kabupaten Pesisir Selatan memang telah menisbatkan sebagai destinasi nasional, bahkan sejak lama telah menerima kunjungan turis mancanegara dan local,” ucap Hendrajoni.

“Wajar apabila pembangunan sejumlah infrastruktur juga dikebut di tengah ketersediaan anggaran daerah yang sangat terbatas di saat ini,” tegasnya.

Lebih jauh dikatakan, berbagai partisipasi yang dating, termasuk dari Konsorsium BUMN “Naga Sembilan” itu menjadi pelecut bagi daerah untuk terus tidak patah semangat untuk terus berbuat yang terbaik untuk pariwisata Pesisir Selatan.

Perwakilan BUMN antusias dengarkan penjelasan Bupati Hendrajoni. Ist.

Di samping itu, juga telah dibangun sejumlah bangunan monumental yang dibangun atas partisipasi CSR, seperti pembangunan gerbang Pantai Carocok, pembangunan gerbang Carocok Mandeh, penataan pedagang Pulau Setan, dan kali ini Pantai Sago.

CSR Konsorsium diarahkan pada pembangunan Pantai Sago, gerbang, mushala, toilet representatif, landmark dan penataan kuliner.

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bersinergi menyalurkan bantuan kegiatan tanggungjawab sosial alias corporate social responsibility (CSR) bagi Kabupaten Pesisir Selatan.

Kadis Pariwisata Pesisir Selatan, Yunasri menjelaskan, Pesisir Selatan dikenal dengan icon pariwisatanya dengan kabupaten yang dijuluki “Negeri Sejuta Pesona”. “Maka Pemerintah Pesisir Selatan gencar dalam pembangunan infrastruktur kepariwisataan, dan tidak tertutupnya Investor dan dana CSR Konsorsium BMUN ini dikucurkan demi percepatan pembanguan obyek wisata di Pesisir Selatan,” ujarnya. Advt/Rega Desfinal