Diikuti 60 Peserta, Bupati Sijunjung Buka Seminar Perpustakaan

361

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sijunjung, menggelar seminar Perpustakaan Meningkatkan Minat dan Budaya Baca di Lingkungan Perguruan Tinggi, SMA, SMP dan SD se-Kabupaten Sijunjung pada Selasa (14/11/2017).

Acara yang dilaksanakan di Aula Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sijunjung itu dibuka secara resmi Bupati Sijunjung, H, Yuswir Arifin. Seminar itu juga dihadiri Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sumatera Barat, Drs Alwis, Ketua dan Pengurus IPI (Ikatan Pustakawan Indonesia), Narasumber, Kepala OPD dan undangan lainnya.

Bupati dalam sambutannya mengharapkan pada para pendidik dapat menjadikan perpustakaan di sekolahnya sebagai wahana pembelajaran sepanjang hayat dan sarana pendukung proses belajar mengajar di sekolah dan perguruan tinggi.

“Penyelenggaraan dan pengelolaan sebagai pusat sumber belajar dan sebagai pembudayaan gemar membaca,” kata Bupati.

Dengan mengusung tema, “Dengan seminar perpustakaan meningkatkan minat dan budaya membaca kita sadari bahwa diri kita adalah apa yang kita baca”

“Dari tema tersebut kita bisa mengambil makna bawa sumber daya yang cerdas, kompotitif, berkarakter itu, dapat dicapai tentunya sumberdaya manuasia yang telah membudayakan membaca pada kehidupannya,” terang Bupati.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sijunjung Drs, Darlias menyampaikan dalam laporannya, bahwa seminar ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan budaya baca mahasiswa perguruan tinggi dan siswa disekolah serta menciptakan generasi muda yang cerdas dan berkualitas serta masyarakat yang madani.

Kadis Perpustakaan Darlias menambahkan, sasaran yang dicapai dalam seminar adalah Perguruan Tinggi 4 orang, SMA sederajat 10 orang, SMP 30 orang, SD 16 orang. Jadi peserta seminar berjumlah 60 orang terang.

“Fasilitas yang diberikan kepada peserta antara lain, member KIT, makan siang, snack, serta diberikan sertifikat nantinya,” tambah Kadis Darlias. Rilis/Andi Humas