Etape I TdS, 108 Pebalap Berpacu dengan Jarak 109,3 Kilometer

249

JURNAL SUMBAR | Tanah Datar – 108 peserta balap sepeda internasional Tour de Singkarak (TdS) 2017 berpacu pada Etape I, start Istano Basa Pagaruyuang, Batusangkar, Kabupaten Tanah Datar, dan finish di Lapau Panjang Cimpago, Kota Padang.

Race Director Jamaludin Mahmood menjelaskan, etape pertama ini ada 108 pebalap dengan jarak tempuh 109,3 kilometer. Pada etape pertama ini, para pebalap akan melalui tiga titik sprint.

“Tiga titik spirnt itu, pertama ada di Simabur Kabupaten Tanah Datar dengan jarak tempuh 17 kilometer. Sprint kedua di Kota Padang Panjang dengan jarak tempuh 35,9 kilometer. Lalu, untuk sprint ketiga berada di Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman dengan panjang spirnt 73,3 kilometer,” katanya, Sabtu (18/11/2017).

Ia menjelaskan, para pebalap telah mulai start pada pukul 10.00 Wib. Diperkirakan, 108 pebalap akan sampai ke Kota Padang pada pukul 13.00 Wib. Rute di Kota Padang nanti, para bebalap akan masuk mulai dari Lubuk Buaya, Tabing, Universitas Negeri Padang, Ulak Karang, Veteran, Damar, Pemuda, lalu berbelok ke Jalan Hang Tua, dan lurus ke Purus dan menuju Lapau Panjang Cimpago, yang menjadi garia finish para pebalap.

Untuk itu, kepada masyarakat dan pengendara diminta untuk tidak melalui jalan yang akan dilalui para pebalap, sesuai dengan rute yang telah dijelaskan tersebut.

Sedangkan terkait cuaca, dari informasi Badan Meteorlogi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Bandara Internasional Minangkabau, saat ini untuk cuaca di wilayah-wilayah yang akan dilalui, diperkirakan dalam kondisi berawan. Namun untuk dititik Lubuk Alung dan Kota Padang sendiri diperkirakan akan turun hujan dengan intensitas ringan. erka