Festival Wayang Nusantara 2017 Pukau Warga Kota Sawahlunto

445
Warga Sawahlunto antusias tonton festival wayang di lapangan segitiga PT BA Ombilin. Poto: Ist.

JURNAL SUMBAR | Sawahlunto – Sejak Kamis hingga Jumat (9-10/11/2017) malam, warga Kota Sawahlunto, Sumbar, memadati Lapangan Segitiga PTBA Ombilin, Kota Sawahlunto.

Tua muda, pria dan wanita segala umur tumpah ke Lapangan Segitiga Kota Sawahlunto. Mereka datang untuk menyaksikan Festival Wayang Nusantara V, yang dipersembahkan Dinas Kebudayaan Peninggalan Bersejarah Permusiuman Kota Sawahlunto.

Menariknya, festival itu juga dimeriahkan Wayang Ajen Kementerian Pariwisata RI.. Bahkan Dalang Wayang Cilik Perempuan Kanastren Nareswara Darmanasti Kota Surakarta (Solo) juga unjuk kebolehan.

Tak ketinggalan Wayang Kulit Khas Kota Sawahlunto (Wayang Mbah Soero) juga menampilkan kebolehan mereka. Begitu pun delegasi wayang dari Jambi, Riau, Dharmasraya dan Pasaman Barat juga unjuk kepiawain mereka di acara itu.

Tak hanya itu, Festival Wayang Nusantara V juga dimeriahkan atraksi budaya Reok Gamelan, Campur Sari, Keroncong dan Kuda Kepang. “Festival tahun 2017 ini memang lebih meriah,” kata Mbak Sri Wahyuni salah satu peserta Wayang Karawitan Kota Sawahlunto di Kota Sawahlunto pada Jurnal Sumbar, Jumat (10/11/2017).

Disebutkan Sri Wahyuni, kegiatan Festival tersebut berlangsung sejak Kamis hingga Sabtu (8-11/11/2017). “Kalau untuk acara kuda lumping dan Reog acara sejak sore. Sedangkan wayang acara mulai pukul 20.00 WIB yang diselingi acara campur sari,” sebut Mbak Sri Wahyuni. Delvia