Gubernur Irwan Prayitno Raih Penghargaan Anugerah Pandu Negeri 2017

385
Gubernur Irwan Prayitno poto bersama dengan Mendagri Tjahjo Kumolo dan mantan Wapres Boediono usai menerima penghargaan Anugerah Pandu Negeri 2017 di Jakarta, Jumat malam (10/11). Poto: Ist.

JURNAL SUMBAR | Jakarta – Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno menerima penghargaan Anugerah Pandu Negeri 2017 dari Indonesian Institute for Public Governance (IIPG), Jumat malam (10/11) di Jakarta. Penghargaan tersebut diserahkan oleh Mendagri Tjahjo Kumolo dan mantan Wapres Boediono.

Indonesian Institute for Public Governance (IIPG) yang dipimpin Boediono sebagai Ketua Dewan Penasihat, dan Sigit Pramono sebagai Ketua Umum memberikan penghargaan Anugerah Pandu Negeri (APN) 2017 kepada pemerintah daerah dengan tata kelola yang baik.

Dalam hal ini, Provinsi Sumbar dinilai memiliki kinerja dan tata kelola dengan predikat baik.

“Pak Boedinono mengatakan, bahwa sektor publik adalah kunci kemajuan bangsa, dan mengharapkan dengan cara berintegritas dan kreatif menghasilkan pengelolaan yang positif,” jelas Irwan Prayitno usai menerima penghargaan tersebut. “Dan, para penerima penghargaan APN harus mampu berdiri tegak menjadi pandu ibu pertiwi, teladan bagi daerahnya,” tambahnya.

Irwan menambahkan, ada dua aspek yang menjadi penilaian IIPG dalam memberikan penghargaan, yaitu performance (pertumbuhan ekonomi, pengembangan manusia, dan breaktrough result) dan governance (tata kelola keuangan, tata kelola pemerintahan, dan antikorupsi).

“IIPG telah melakukan penilaian kinerja dan tata kelola pemerintahan sejumlah 34 pemprov, 416 pemkab, dan 98 pemkot di Indonesia, dan alhamdulillah Pemprov Sumbar mendapat nilai kategori baik,” sebutnya.

“Peraih penghargaan yang sama dari Sumatera Barat juga diterima oleh Walikota Padang, Bapak Mahyeldi,” tutupnya. Enye