Hendrajoni, Bupati Pekerja Keras yang Tak Kenal Lelah

420
Hendrajoni

JURNAL SUMBAR | Pesisir Selatan – Sosok Hendrajoni adalah pemimpin yang bekerja 24 jam, dan tak tahu kapan waktu istirahatnya. Semua hari dan waktu adalah jam kerjanya. Seringkali, di waktu libur dan tanggal merah dia gunakan untuk bertemu dengan masyarakat, atau melakukan inspeksi ke lapangan.

Ini misalnya, meski hari Minggu dan di malam hari, Bupati Pesisir Selatan itu masih sempat meninjau proyek pengerjaan pasar di Kenagarian Kambang, Kecamatan Lengayang. Padahal pagi hingga siang dia mengikuti agenda Tour de Singkarak (TDS) 2017, dimana Pesisir Selatan bertindak sebagai tuan rumah star Etape II Painan-Sawahlunto.

Meninjau proyek pengerjaan Pasar Kambang itu bertujuan untuk memastikan agar proyek tersebut berjalan maksimal dan tepat waktu, mengingat pasar tersebut merupakan sarana publik yang nantinya menjadi pusat perekonomian masyarakat setempat.

“Pasar ini dibangun melalui pajak dari masyarakat. Jadi kita harus dipastikan sudah dikerjakan sesuai dengan jalur yang benar,” kata Hendrajoni.

Hendrajoni menghimbau kepada jajarannya di pemerintah kabupaten Pesisir Selatan untuk juga rajin turun ke lapangan untuk memastikan pengerjaan fisik tepat waktu dan sesuai dengan rencana.

“Saya juga berharap kepala OPD, bidang dan kepala unit untuk juga sering ke lapangan agar pengerjaan fisik ini sesuai dengan rencana, karena penghujung tahun ini cuaca sulit ditebak,” terang ketua DPD PAN Pesisir Selatan tersebut.

Blusukan pada malam hari yang dilakukan Hendrajoni itu sekaligus memberi contoh kepada jajarannya dan untuk memastikan serta mengawal program-program pemerintah agar tepat sasaran.

“Tidak halangan siang ataupun malam, kalaupun ada kendala segera bertemu solusi,” kata Hendrajoni.

Blusukan, mengunjungi masyarakat atau inspeksi ke lapangan di hari libur acapkali dilakukan Hendrajoni dalam dua tahun menjadi bupati Pesisir Selatan. Dan sepertinya memang disengaja oleh politisi PAN tersebut untuk memanfaatkan waktu libur guna meninjau dan mengawal program pemerintah daerah yang dia pimpin.

Karakter kepemimpinan Hendrajoni agak sedikit unik. Gaya bicara yang lugas, tegas dan terkesan ceplas-ceplos membuat dia lain dengan tipikal bupati yang ada di Sumatera Barat. Style kepemimpinan tersebut saat ini sedang dia peragakan dalam memimpin Kabupaten Pesisir Selatan. Jefri