Jamal Raih Podium Utama Etpae 4, Berturut-turut Mendapatkan Jersey Pembalap Terbaik Indonesia

259

JURNAL SUMBAR | Payakumbuh – Pebalap sepeda asal Indonesia dari tim KFC Cycling Team, Jamal Hibatullah berhasil finish di urutan pertama di Etape IV Tour de Singkarak (TdS) 2017. Keberhasilan Jamal ini, merupakan sebuah keberhasilan yang menggemilangkan, karena mampu menaklukan perjalanan sepanjang 106,4 kilometer.

Pada etape IV ini, Jamal berhasil mencapai garis finish dengan mencatat waktu tempuh 2 jam 34 menit 3 detik. Hal ini merupakan kedua kalinya Jamal naik podium setelah sebelumnya di etape pertama Batusangkar-Padang berhasil meraih posisi ke-3.

Bahkan, pada etape I hingga etape IV ini, Jamal masih mendapatkan read and white jersye selaku pembalap terbaik Indonesia di TdS. Ia berhasil menyisihkan sebelum 88 pembalap lainnya.

Usai menaiki podium, Jamal Hibatullah mengatakan, kemenangan yang diraihnya berkat kerjasama tim yang bagus. Sementara itu, yang finish pada urutan 2, yakni dari pembalap Gapheong Cycling Team Korea Selatan, Eunseong Jung. Lalu, finish ketiga pembalap dari Qinhai Tianyoide Cycling Team, Yonnatta Alejandra.

Etape 4 dimulai dari Dermaga Danau Singkarak dan finish di Ngalau Indah, Payakumbuh. Pada balapan di trek sepanjang 106,4 kilometer itu, para pesepeda dari 30 negara menghadapi 3 balapan sprint dan 1 menanjak atau King Of Montain (KOM).

Sprint pertama ditemui pembalap di Batusangkar, tepatnya di kilometer ke 32 selepas start. Tepat di kilometer ke 44, kecepatan sepeda mulai melambat. Disini pembalap ditantang oleh tanjakan kategori 1 yang terdapat di ketinggian 998 M DPL.

Ketika balapan bersisa 23 kilometer, pembalap dihadapkan dengan sprint ke tiga di Kota Payakumbuh. Sprint ke tiga ini adalah balapan penentuan yang terbaik untuk kategori sprinter dan pemenang etape IV.

Sementara itu di sisi lain, sepanjang balapan etape IV, pembalap juga disuguhkan pemandangan Danau Singkarak, hamparan hijau sawah di Salimpaung, pasar rakyat Baso dan kemudian tebing perkasa Harau saat memasuki Payakumbuh. erka