Operasi Zebra 2017, Satlantas Polres Pessel Tilang 433 Pelanggaran

670
Operasi Zebra Singgalang 2017 di wilayah hukum Polres Pesisir Selatan. Poto: Rega

JURNALSUMBAR I Pesisir Selatan – Hari kesepuluh Operasi Zebra Singgalang tahun 2017 di wilayah Hukum Satlantas Polres Pesisir Selatan sejak tanggal 1 hingga 10 November hari ini, kurang lebih 433 pelanggaran yang ditilang.

Kapolres Pessel AKBP. Fery Herlambang, S.IK, MM melalui Kasat Lantas Iptu. Ghanda, N.S.S.IK mengatakan, Operasi Zebra Singgalang 2017 ini dilaksanakan unit Satlantas Polres Pessel di wilayah hukum Polres Pessel dengan penindakan kepada pengendara baik itu roda dua, roda empat dan roda enam sebanyak 433 tilang, sejak tanggal 1 sampai tanggal 10 November 2017 hari ini.

Dikatakannya, Operasi Zebra  ini ada dua hal yang menjadi titik fokus di lapangan, yaitu penindakan, serta prefentif dan preentif guna menumbuhkan kesadaran tertib berlalulintas, yaitu harus dari diri sendiri, bukan karena ada petugas.

“Kegiatan pemeriksa kendaraan secara  stationer (di jalan tertentu) serta hunting (di jalan dan berpindah-pindah),” jelas Ghanda.

Ia menegaskan, adapun target sasaran dalam kegiatan tersebut meliputi kendaraan roda dua, roda empat, roda enam, angkutan barang, angkutan orang, serta kelayakan kendaraan yang tidak sesuai dengan keperuntukannya di lapangan, termasuk kelengkapan surat-surat kendaraan dan kelengkapan berkendara lainnya.

“Sekali lagi, kesadaran tertib berlalulintas harus dari diri sendiri, bukan karena ada petugas saja,” tegas Ghanda.

Satlantas Polres Pesisir Selatan menghimbau kepada pengendara tanpa terkecuali, agar bisa memperhatikan kelengkapan berkendara. “Ini untuk meminimalisir angka kecelakaan, kriminalitas serta pelanggaran lalu lintas di jalan raya,” tegasnya. Rega Desfinal