Pengelolaan Dana Desa, DPMN Sijunjung Siapkan Bupati Yuswir Arifin Jadi Kepala Daerah Pembina Terbaik

315
Rapat DPMN Sijunjung jelang penilaian Kepala Daerah Pembina Terbaik pengelolaan dana desa.

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari (DPMN) Kabupaten Sijunjung menggelar rapat bersama dengan tim penilai transparansi dana desa dan Tenaga Ahli (TA) Teknologi Tepat Guna di ruang rapat DPMN setempat, Kamis (16/11/2017).

Rapat bersama yang dipimpin Kepala Dinas PMN, Syukri membicarakan penilaian Kepala Daerah Pembina Terbaik dalam pengelolaan desa desa 2017.

“Pada, Selasa 22 November 2017, kita akan kedatangan tim penilai lomba Kepala Daerah Pembina Terbaik dalam pengelolaan dana desa,” kata Syukri ketika membuka rapat bersama tersebut.

Menurut Syukri, lomba penilaian Kepala Daerah Pembina Terbaik dalam pengelolaan dana desa merupakan kerjasama Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cabang Sumatera Barat.

Penilaian tersebut, sambung Syukri, digelar dalam rangka Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2018. “Pak Bupati kita (Sijunjung) ikut dalam penilaian tersebut,” ujarnya.

Sesuai jadwal yang diterima dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Provinsi Sumatera Barat, sebut Kadis PMN, tim penilai dijadwalkan turun ke Sijunjung, Selasa (22/11/2017).

Dalam penilaian nanti, sebut dia, ada beberapa indikator penilaian yang harus dipenuhi. Diantaranya, upaya percepatan pembangunan desa/nagari terutama penggunaan dana desa, upaya percepatan pembangunan desa/nagari, jumlah/jenis pendidikan dan pelatihan bagi aparat desa/nagari, pedoman penyusunan peraturan desa/nagari, jenis penghargaan yang diberikan kepada pemerintahan desa/nagari, banmus, lembaga kemasyarakatan dan lembaga adat hingga pemberian sanksi atas penyimpangan dana desa.

“Indokator penilaian ini harus kita siapkan dalam waktu dekat ini,” tururnya. Rilis/Azt Humas