Persiapan Star dan Jalur TdS Etape 2 di Pessel Sudah 60 Persen

492

JURNAL SUMBAR I Pesisir Selatan – Persiapan pelaksanaan iven Tour de Singkarak (TdS) 2017 di kabupaten Pesisir Selatan sudah 60 pesen. Pada tanggal 19 November 2017 mendatang, daerah ini menjadi titik start Etape 2 yang akan melewati Painan- Sawahlunto berjarak 166 KM.

“Pesiapan kita sebagai panitia telah mencapai 60 persen, dari segala lini,” ujar Kadis Pariwisata melalui Kepala Bidang Pariwisata, Pemuda dan Olahraga, Wendra Rivikto.

Menurutnya, pesiapan dari pantia telah dilakukan beberapa tahapan pesiapan dengan melibatkan berbagai instansi yang ada di wilayah tersebut.

Survey perdana rute TdS Etape 2 sudah dilakukan pada tanggal 2 Agustus 2017 lalu di Kota Painan. Sementara, untuk anggaran selama pelaksanaan TdS, dibebankan ke APBD Kabupaten Pessel tahun 2017.

Pelaksanaan TdS sudah ini sudah menjadi iven tahunan di Pessel. Karena, selalu ikut sejak tahun 2012 – 2016. “Selain Pessel, ada 17 Kabupaten/kota lagi yang akan menjadi lokasi penyelenggaraan TdS tahun 2017,” ujarnya.

Adapun rute yang akan dilalui para pembalap TdS, kata Kabid yaitu, start di Pantai Cacorok Painan, jalan tepi Bukit Langkisau menuju Simpang UHA, Jalan H. Ilyas Yacub menuju Simpang Ajinomoto, Pasar Inpres Painan, Simpang Lampu Merah, depan SMK Painan, Simpang Tugu Diknas, Rumah Dinas Bupati, Simpang Tiga Bukit Baling-Baling, Shelter Tsunami depan Kantor Inspektorat, cucian GMS kanan, Bukit Putus dan Titik Nol Km dan finis di Kota Sawalunto, yang panjangnya 166 km.

“Kita akan siapkan penginapan dan segala persiapan yang lain. Guna, suksesnya pelaksanan TdS etape 2 di Kabupaten Pesisir Selatan,” sebutnya.

Sementara Kapolres Pessel AKBP, Fery Herlambang, S.Ik melalui Kabag Ops Kompol, Mirza Hermawan kepada wartawan mengatakan, jumlah personil Polri dan istansi lain dalam rangka TdS Etape 2 Painan – Sawahlunto sebanyak 310 personil.

Lebih dijelaskan Mirza, untuk Polri 310 Personil, TNI 40 personil, Kamla 5 personil, Pol PP 70 personil dan Dishub 25 personil. Itu di luar pengamanan penginapan atlit, jika memang para alit menginap di Pessel.

“Yang jadi fokus kita adalah pada 10 Pasar, 154 persimpangan, 28 tikungan tajam, 38 pemukiman masyarakat dan 4 titik tanjakan tajam,” jelas Mirza. (Rega Desfinal)