Setelah 18 Tahun Marana, BLK Sijunjung Dapat Perhatian Khusus Kementerian Tanaga Kerja

360

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Luar biasa. Berkat kakok tangan dingin Bupati Sijunjung, Yuswi Arifin dan Kepala Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja, Kabupaten Sijunjung, Riky Mainaldi Neri, STP, MSi, akhirnya Balai Latihan Kerja (BLK) Sijunjung dapat perhatian khusus dari Kementerian Tenaga Kerja RI.

Terbukti, setelah 18 tahun berlalu, baru kali ini BLK Sijunjung diperhatikan khusus Kementerian Tenaga Kerja RI, dan itu pun tak lepas dari kepiawaian Riky Mainaldi Neri selaku Kadis.

Tak percaya? Tengok saja, Selasa (28/11/2017), Kementrian Tenaga Kerja RI salurkan bantuan peralatan untuk BLK Sijunjung berupa 13 unit kenderaan sepeda motor dan peralatan menjahit 16 unit dan mobil menjahit satu unit yang ditaksir nilai bantuan mencapai sekitar Rp2 miliar.

“Alhamdulillah itu berkat perjuangan dan andil bupati dan beliau sangat getol dan mendukung program pelatihan bagi pencari kerja di Sijunjung,” kata Kadis Transmigrasi dan Tenaga Kerja Sijunjug, Riky didampingi Sekretaria Transmigrasi dan Tenaga Kerja, Efendi Nur, Kepala UPTD Sijunjung Gustinus, Kabid PPKK, Aprizal

Selain 13 unit sepeda motor dan peralatan sepeda motor, mekanik sepeda motor BLK Sijunjung juga terima 16 mesin jahit dan perlengkapan.

Bahkan BLK Sijunjung saat ini melatih tenaga terampil priode ke-4 dengan 5 paket kegiatan, diantaranya 2 paket menjahit, satu paket tataboga, membatik 2 paket. Dengan instruktur menjahit Maitusal, SH, sepeda motor Ismed Kaseno, ST dan instruktur bangunan Syatria Zali, ST, sedangkan instrukrur tataboga dan membatik peofesional dari luar Kabupaten Sijunjung.

“Saat ini ada 80 peserta yang ikut pelatihan dan tiap paket 16 orang. Pelatihan berupa membatik di Tanjung Kaliang dan Muarotakung dan Tataboga dan menjahit di BLK pelaksanaan sebulan secara berkesinambungan,” tambah Riky diamini Gustunus. Saptarius