Sosialisasi Literasi, Wabup Sijunjung Ajak Orangtua Tumbuhkan Minat Baca Anak

200

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sijunjung menggelar Sosialisasi Gerakan Literasi dan Implementasinya bagi Pengawas, Tim TPK Kabupaten Sijunjung tahun 2017 untuk Kepala Sekolah Dasar dan Kepala SMP se Kabupaten Sijunjung, Rabu (15/11/2017).

Wakil Bupati Sijunjung H. Arrival Boy memberikan arahan dan menyampaikan materi tentang literasi di hadapan Kepala SD, SMP se Kabupaten Sijunjung, dan sekaligus menutup sosialisasi tersebut.

“Buku merupakan sarana pencerdasan banyak orang menjadi pintar, dan kaya karena membaca buku. Kebiasaan membaca (reading habit) perlu ditanamkan pada anak sejak dini. Setiap anak harus dikenalkan dengan bacaan agar mereka cepat menguasai bahasa serta mahir dalam membaca,” kata Wabup saat menyampaikan materinya.

Wabup juga mengharapkan peran orangtua dalam menumbuhkan minat baca anak sangat penting, pendidikan keluarga sangat besar pengaruhnya terhadap anak. orangtua sebagai orang terdekat anak harus memberikan teladan dan contoh, bahwa membaca merupakan kegiatan yang harus dijadikan kebiasaan sehari-hari.

Wabup menyarankan orangtua harus bisa memotivasi anak dengan menyediakan sarana prasarana untuk membaca, seperti perpustakaan mini, dan memberikan reward suatu bacaan apabila anak mencapai suatu keberhasilan/prestasi,

Wabup menegaskan, hal yang harus diperhatikan adalah, jangan pernah memaksakan kehendak sebagai orang tua agar anak mau membaca. “Mulailah mengajari anak belajar membaca dan tumbuhkanlah motivasi kepada anak, bahwa membaca adalah hal yang menyenangkan,” tegasnya. Rilis/Andi Humas