TdS 2017, Tim Indonesia “KFC Cycling Team” Tampil Cemerlang

486

JURNAL SUMBAR | Pasaman Barat – Hingga etape VI, KFC Cycling Team dari Indonesia yang ikut perpacu pada balap sepeda internasional, Tour de Singkarak (TdS) 2017 di Sumatera Barat masih mendominasi.

Pada etape I yang start di Tanah Datar dan finish di Kota Padang yang jarak tempuh 109,3 kilometer, Jamal Hibatullah dari KFC Cycling Team mencapai finish pada urutan tiga dengan catatan waktu 2 jam 32 menit 41 detik.

Pada etape II yang start dari Pantai Carocok Painan, Kabupaten Pesisir Selatan, dan finish ke Kota Sawahlunto dengan jarak tempuh 155,9 kilometer. Meski KFC Cycling Team tidak mampu meraih podium, namun Jamal mampu mendapatkan red and white jersey, yang dinyatakan sebagai pembalap terbaik Indonesia pada TdS 2017.

Selanjutnya, pada etape III yang menempuh perjalanan dari Kabupaten Sijunjung menuju Dharmasraya yang merupakan etape terpanjang yakni 161,3 kilometer. Ketika itu, Jamal dari KFC Cycling Team masih memegang jersey red and white.

Berlanjut ke etape IV, yakni dari Singkarak Kota Solok menuju Kota Payakumbuh dengan rute perjalanan sepanjang 106,4 kilometer. Kali ini, pebalap Indonesia dari KFC Cycling Team Jamal Hibatullah berhasil finish pada urutan pertama dengan catatan waktu 2 jam 34 menit 3 detik.

Sementara pada etape V, yang merupakan perjalanan yang banyak tikungannya, yakni dari Terminal Bareh Solok, Kota Solok menuju Kabupaten Solok Selatan. Pebalap Indonesia KFC Cycling Team belum mampu menaklukan perjalanan yang cukup dingin itu, namun red and white jersey masih masih dipegang oleh Jamal.

Begitu juga pada etape VI yang berlangsung hari ini, yang dimulai dari Kota Pariaman menuju Kabupaten Pasaman Barat, dengan jarak tempuh 145,7 kilometer. KFC Cycling Team kembali unjuk gigi dan berhasil finish pada urutan pertama. Kali ini, datang dari rekan satu tim Jamal, ialah Muhammad Imam Arifin.

Arifin berhasil mencapai garis finish dengan catatan waktu 3 jam 20 menit 29 detik. Akan tetapi, waktu yang dicatat Arifin, sangat tipis diikuti oleh pebalap yang mencapai garis finish pada urutan dua dan tiga.

Untuk urutan kedua diraih dari Philipina, Rustom Lim dengan catatan waktu nyaris tiada perbedaan. Serta untuk urutan ketiga Turakit Boonratana Thanakorn dari Thailand Continental Cycling Team.

Usai balapan pada etape VI ini, Arifin menyebutkan, untuk mencapai garis finish pada urutan pertama merupakan hasil kerjasama tim. Ia menjelaskan pada perjalanan tersisi 75 kilometer lagi menggapai finish, selalu bergantian keluar dari rombongan.

“Jadi kita itu dari KFC Cycling Team ada dua orang. Tabriz dua orang, Thaliand dua orang, selebihnya satu orang. Momen ini yang kita lakukan sehingga saya berhasil mencapai finish di urutan pertama,” jelasnya.

Walau finish pertama di etape VI, belum bisa menaikkan peringkat klasemen sementara bagi Muhammad Imam Arifin ke 10 besar. Sementara Jamal Hibatullah, hanya mampu finish pada urutan 39, dan klasemennya masih bertahan di peringkat enam.

Untuk etape VI ini, pemegang klasemen sementara peringkat 1, Daniel Whithouse dari CCN Cycling Team. Peringkat 2 Khalil Khorshid dari Tabriz Iran, peringkat 3 Yonnatta Alejandro Qinhai Tianyoide Cycling Team asal Venezuela.

“Kedepan akan kita upayakan pada empat etape yang tersisa ini untuk meraih kemenangan,” kata Jamal Hibatullah.

Jamal menyebutkan, sejauh ini hingga etape VI, ia sangat menikmati trek yang ada pasa TdS 2017. Untuk diketahui, pada TdS 2017 ini ada sembilan etape yang harus dituntaskan oleh para pebalap.

Sampai hari ini, baru hingga VI etape, sedangkan untuk etape VII akan dimulai besok, usai shalat Jumat. Lokasi start di Harau Kabupaten Limapuluh Kota dan finish di Kota Padang Panjang. erka