Terjunkan 310 Persilonil, Polres Pesisir Selatan Siap Amankan Rute TdS

344
Peserta TdS (tahun lalu). Poto: Ist.

JURNAL SUMBAR | Pesisir Selatan – Sebanyak 310 personil Polres Pesisir Selatan siap diterjunkan dalam pelaksanaan Tour De Singgkarak (TdS) tanggal 19 November 2017 Etape II, yang starnya di kawasan obyek wisata Pantai Carocok, Painan.

Kapolres Pessel AKBP. Fery Herlambang, SIK, MM melalui Kabag Ops Kompol Mirza Herwanto mengatakan, bersama dengan pihak terkait lainya seperti Dishub, Satpol PP dan TNI akan dikerahkan kekuatan personil berjumlah 450 anggota, khusus personil Polres berjumlah 310 personil, dengan melibatkan masing-masing polsek 10 orang anggota.

“Kita telah lakukan survei bersama istansi terkait untuk rute jalan yang akan dilalui para pembalap,” ujar Mirza.

Ia menambahkan, berdasakan survei di lapangan ada 127 lokasi yang akan di lakukan pengamanan, mulai dari persimpangan, tanjakan, tikungan maupun lokasi-lokasi fital yang ramai aktifitas masyarakat mulai dari pasar, sekolah dan lokasi lainya.

“Setiap simpang akan ditempatkan 2-3 orang anggota sesuai kondisi di lapangan,” terangnya.

Kabid Pariwisata Wendra Rovikto mengatakan, telah digelar rapat terakhir pelaksanaan TdS etape 2 tanggal 19 November 2017.  Pembukaannya dimeriahkan penampilan kesenian daerah dan hiburan lainnya.

Berdasarkan data dari Panpel sebanyak 12 tim dan official akan menginap di sejumlah hotel/homestay/penginapan di Kota Painan dan sekitarnya.

Ia menambabkan, pemerintah daerah juga sudah menyampaikan edaran melalui Kominfo kepada Camat agar menyampaikan kepada walinagari agar masyarakat tidak melakukan aktifitas yang mengganggu jalan di sepanjang rute TdS untuk pesta baralek/keramaian, melepaskan hewan ternak, maupun menjaga keindahan lingkungan seperti tidak menjemur pakaian di depan pekarangan rumah. Rega Desfinal