Tour de Singkarak Bikin Pariwisata Pessel Semakin Mendunia

1011
Bupati Hendrajoni beserta rombongan poto bersama dengan pembalap TdS Etape 2 di Pantai Carocok Painan, Minggu (19/11). poto: Ist.

JURNAL SUMBAR | Pesisir Selatan – Kabupaten Pesisir Selatan dipercaya sebagai tuan rumah star Etape 2 Tour de Singkarak (TdS) tahun 2017. Iven balap sepeda 5 besar dunia ini star di ikon wisata Pesisir Selatan, yaitu kawasan Pantai Carocok Painan.

Sesuai jadwal, Minggu pagi (19/11), Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni bersama jajaran Forkompinda setempat dan pihak Kementerian Pariwisata melepas 101 pembalap TdS di kawasan wisata Pantai Carocok Painan. Seremoni start TdS Etape 2 ini diramaikan oleh ribuan warga, dan dimeriahkan dengan tari Galombang.

Pantai Carocok sudah dua kali digunakan sebagai lokasi dan icon grand start balapan TdS. Sedangkan tahun sebelumnya, Pantai Carocok Painan hanya menjadi lokasi finish balapan dan penutupan iven.

Bupati Pesisir Selatan menyebutkan, iven TdS tercatat pada 2015 sebagai nomor 5 terbanyak jumlah penonton dari rangkaian balap sepeda dunia. “Hal ini sangat membanggakan, dan menjadi motivasi bagi kita untuk terus meningkatkan kualitas dan level balap sepeda ini,” ujarnya.

Bupati hendrajoni berharap pada tahun yang akan datang semakin banyak pembalap dunia yang berpartisipasi. “Hal ini akan menjadi ajang positif bagi pembalap lokal untuk sparring dalam bentuk even, sehingga mental bertanding di level yang lebih tinggi, semakin baik dan berimbas pada peningkatan prestasi dan promosi daerah,” ujarnya.

“TdS sudah menjadi ikon olahraga internasional, dan ikon wisata Sumatera Barat,” tegas Hendrajoni.

Dikatakan Hendrajoni, hal ini akan menjadi perhatian pemerintah dalam meningkatkan promosi wisata di seluruh wilayah Sumatera Barat, serta meningkatkan kualitas akomodasi di destinasi wisata, agar terus dapat menarik wisatawan dan meningkatkan kesejaheraan masyarakat Sumatera Barat.

Ditambahkannya, iven sport-tourism ini membuat Kabupaten  Pesisir Selatan semakin berbenah, khususnya di bidang pariwisata. “Melalui iven TdS ini, semakin banyak objek wisata Pesisir Selatan yang semakin dikenal dan popular,” ujarnya.

“Terbukti, berkat TdS ketenaran nama Pantai Carocok Painan sudah harum hingga ke negara-negara di benua Eropa,” tegas Hendrajoni. “Kita wajib benahi distinasi wisata dan sukseskan terus iven balap sepeda internasional ini,” tegasnya lagi.

Hendrajoni menyebutkan, Kabupaten Pesisir Selatan akan membenahi dua destinasi utama, yaitu kawasan wisata bahari terpadu Mandeh dan kawasan Pantai Carocok Painan.

“Konsep pengembangannya lebih diarahkan untuk menompang ekonomi kerakyatan yang dibungkus dalam program empat pilar pembangunan,” tegas Politisi PAN itu. Rega Desfinal