Tutup Sumbar Expo 2017, Wagub  Nasrul Abit: Ajang Promosi Investasi dan Pererat Silaturahmi 

242
Nasrul Abit

JURNAL SUMBAR | Batam – Wakil Nasrul Abit menutup secara resmi penyelenggaraan gelar potensi dan temu usaha Sumatera Barat Ekspo 2017 yang diselenggarakan di Lapangan Tengku Putri, Kota Batam, Minggu siang (12/11/2017).

Hadir dalam kesempatan tersebut Walikota Batam, utusan Pemprov Kepri, beberapa Kepala OPD Sumbar, pengusaha, tokoh masyarakat Minang Batam.

Dalam kesempatan tersebut Wakil Gubernur Nasrul Abit menyampaikan, kegiatan Sumbar Ekspo tahun ini di kota Batam telah berjalan dengan baik, ada 124 stand yang mengikuti gelaR potensi dan temu usaha Sumbar dengan perkiraan transaksi terjadi Rp1 miliar, belum termasuk kontrak dagang yang terjadi.

“Kita tahu kota Batam merupakan daerah yang paling dekat dengan pasar terbesar dunia di Asia Tenggara, Singapura. Pulau Batam yang berdekatan dengan Singapura ini tentu amat penting bagi Indonesia dalam meningkatkan daya saing pasar potensi berbagai daerah untuk promosi, perdagangan dan investasi pembangunan daerah melalui Kota Batam ini,” ujar Nasrul Abit.

Wagub Nasrul Abit juga menyampaikan, penyelenggaraan gelar potensi dan temu usaha Sumbar Ekspo ini juga mampu meningkatkan silaturrahmi masyarakat Minang yang ada di Batam dengan Pemprov Sumbar untuk juga ikut serta memajukan pembanguan daerah.

Peranan perantau ikut serta membangun kampung halaman merupakan sesuatu kekuatan budaya daerah yang selama ini terus terbina dengan baik. Dan, ini tentu akan kita tingkatkan setiap waktu.

“Kita berharap hubungan silaturrahmi rantau dan ranah ini menjadi kebanggaan masyarakat Sumbar budaya garis keturunan ibu matrilinial satu-satu yang ada di Indonesia,” ujarnya.

“Kita juga berharap OPD terkait agar mengimplemtasikan kesepakatan dan apa-apa yang rencana dalam gelar potensi dan temu usaha ini, baik dengan investor maupun dengan pengusaha yang ada didaerah ini,” himbau Wagub Nasrul Abit.

Kepala Badan Penghubung Andre dalam sambutannya penyampaikan, kegiatan Sumbar Ekspo 2017 pemenang stand, Juara I stand Kabupaten Sijunjung, Juara II Kota Padang dan Juara III Pariwisata Sumbar.

Andre juga menyampaikan,  kegiatan Sumbar Ekspo sebagai agenda tahun ini digelar diberbagai kota di Indonesia, tahun 2018 direncana akan diselenggarakan di Kota Medan atau Kota Makasar. “Kita akan lakukan survei dahulu sebelum menetapkan kegiatan Sumbar Ekspo, agar dapat berjalan dengan baik,” ujarnya. rilis