20 Desember, Ustadz Abdul Somad Tablig Akbar di Sijunjung

1815

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Jika tak ada aral melintang, Rabu (20/12/2017) malam mendatang sesudah ba’da Isya, ustadz Abdul Somad, Lc, MA, akan mengisi tablig akbar di Masjid Raya Istiqlal Muaro Sijunjung, Kabupaten Sijunjung, Sumbar. Ribuan umat Islam dari kabupaten/kota Sumbar pun siap menyambut kehadiran sang ustadz.

Sekdakab Sijunjung, Zefnihan dan Kabag Humas Pemkab Sijunjung, Hendri Chaniago, kepada Jurnal Sumbar, Kamis (14/12/2017) membenarkannya. “In sha Alloh Rabu (20/12/2017) mendatang ustadz Somad akan mengisi tablig akbar di Masjis Istiglal Muaro,” kata Zefnihan.

Masjid Istiqlal Muaro kebanggaan orang Sijunjung itu berkapasitas 3 ribu orang. “Jika dalam masjid tidak muat, nantinya panitia Masjid menyiapkan tenda diluar masjid termasuk pemasangan infokus,” kata Zefnihan.

Kegiatan tablig akbar tersebut merupakan terobosan pengurus Masjid Istiqlal yang didukung penuh pihak Pemkab Sijunjung. “Dalam tablig akbar ustadz Somad itu akan diikuti umat Islam dari kabupaten/kota terdekat. In sha Alloh kegiatan ini nantinya sukses,” jelas Sedakab Sijunjung, Zefnihan dan Kabag Humas Hendri Chanigo.

Siapa ustadz Somad? Beberapa tahun terakhir, nama ustadz ini sering menjadi perbincangan para netizen dan pegiat media sosial tanah air. Kajian-kajiannya tajam dan menarik sehingga membuat banyak orang suka dengan tausiahnya.

Bahkan pengajiannya pun juga banyak yang menjadi viral di media sosial. Kajian mengenai hari kemerdekaan Indonesia beberapa waktu yang lalu misalnya, begitu viral dan dishare oleh banyak orang.

Nama Ustadz Abdul Somad, Lc. MA mungkin belum setenar Ustadz Maulana, Ustadz Zacky Mirza atau ustadz lainnya yang begitu populer dan banyak mengisi tausiah di TV. Namun meski belum populer dan setenar pendahulunya, namun profil dan biodata Ustadz Abdul Somad mulai banyak dikenal di kalangan netizen. Ulasan yang cerdas dan lugas, ditambah lagi dengan keahlian dalam merangkai kata yang menjadi sebuah retorika dakwah, membuat ceramah Ustadz Abdul Somad begitu mudah dicerna dan mudah dipahami oleh berbagai kalangan masyarakat.

Banyak dari ceramah ustadz Abdul Somad yang mengulas berbagai macam persoalan agama. Bahkan bukan itu saja, ceramah Ustadz Abdul Somad juga banyak yang membahas mengenai masalah-masalah kekinian, nasionalisme dan berbagai masalah yang sedang menjadi pembahasan hangat di kalangan masyarakat.

Demikian halnya selain di dunia nyata, ternyata di dunia maya pun nama Ustadz Abdul Somad ini juga mulai banyak dicari banyak orang. Banyak yang mencari informasi siapa sebenarnya profil dan biodata Ustadz Abdul Somad ini. Selain begitu banyak orang yang penasaran dengan nama Ustadz Abdul Somad, tak sedikit pula yang mencari berbagai kajian dan ceramah Ustadz Abdul Somad.

Nama lengkapnya, H. Abdul Somad, Lc., MA, ia lahir pada Rabu petang tanggal 30 Jamada al-Ula 1314 Hijrah yang bertepatan dengan 18 Mei 1977 M. Pendidikan Ustadz Abdul Somad SD al-Washliyah, tamat 1990 MTs Mu’allimin al-Washliyah Medan, tamat 1993 Madrasah Aliyah Nurul Falah, Air Molek, Inhu, tamat 1996, S1 Al-Azhar, Mesir, S2 Dar Al-Hadits Al-Hassania Institute, Kerajaan Maroko.

Selain sebagai ustadz Abdul Somad
juga mengabdi sebagai Dosen Bahasa Arab di Pusat Bahasa Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Dosen Tafsir dan Hadits di Kelas Internasional Fakultas Ushuluddin UIN Suska Riau. Dosen Agama Islam di Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Azhar Yayasan Masmur Pekanbaru. Anggota MUI Provinsi Riau, Komisi Pengkajian dan Keorganisasian Periode : 2009 – 2014. Anggota Badan Amil Zakat Provinsi Riau, Komisi Pengembangan, Periode : 2009 – 2014 dan juga pernah sebagai Sekretaris Lembaga Bahtsul Masa’il Nahdlatul Ulama Provinsi Riau. Saptarius