200 KWT dan Dasawisma Serta TP PKK Ikuti Sosialisasi PKP

244

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Sebanyak 200 peserta Kelompok Wanita Tani (KWT), Dasawisma dan Tim Penggerak (TP) PKK se Kabupaten Sijunjung ikuti Sosialisasi Penganekaragaman Konsumsi Pangan (PKP) di Balairung Lansek Manih Kantor Bupati Sijunjung Muaro Sijunjung pada Selasa (5/12/2017).

Acara sosialisasi yang diselenggarakan oleh Dinas Pangan dan Perikanan Kabupaten Sijunjung ini dibuka oleh Ketua TP PKK Kabupaten Sijunjung En Yuswir Arifin serta dihadiri juga oleh Kepala Bidang Konsumsi dan Keamanan Pangan Dinas Pangan Provinsi Sumatera Barat Ir. Buskar Zulmahdi, Kepala Dinas Pangan dan Perikanan Kabupaten Sijunjung Ir. Yulizar, MP dan undangan lainnya.

Ketua TP PKK En Yuswir saat memberikan sambutannya menyampaikan bahwa keberhasilan dalam proses pembentukan sumberdaya manusia diantaranya ditentukan oleh keberhasilan memenuhi kecukupan pangan dan perbaikan pola konsumsi pangan.

Pola konsumsi pangan masyarakat sampai saat ini masih menunjukkan kecenderungan kurang beragam dari jenis pangan dan keseimbangan gizinya. Untuk itu perlu upaya terus menerus untuk mengubah pola konsumsi masyarakat ke arah pola konsumsi pangan B2SA terang Ketua TP PKK En Yuswir.

Ketua TP PKK En Yuswir Juga menambahkan dalam rangka mensosialisasikan penganekaragaman konsumsi Pangan Pemerintah Daerah dalam setiap iven kegiatan menyajikan makanan dan kudapan yang berasal dari bahan non beras dan non terigu seperti ubi, jagung,pisang,labu dan yang lainnya, ini bertujuan agar ibu ibu kelompok wanita tani, dasawisma, dan anggota PKK terus berkreasi dalam menciptakan makanan dan kudapan yang beranekaragam dengan berbagai bentuk yang berasal dari bahan pangan lokal sehingga makanan tersebut dapat bersaing dengan makanan yang berasal dari terigu dan dapat disukai oleh anak anak, tambah Ketua TP PKK tersebut.

Kepala Bidang Konsumsi dan Keamanan Pangan Dinas Pangan dan Perikanan Kabupaten Sijunjung Ir. Fadil Azim, MP menyampaikan dalam laporannya bahwa peserta sosialisasi ini berjumlah 200 (dua ratus) orang yang berasal dari Kelompok Wanita Tani, Dasawisma dan Tim Penggerak PKK se Kabupaten Sijunjung.

Fadil Azim menambahkan bahwa setiap peserta di sediakan ATK, Transportasi, makan dan snack. Sedangkan Nara Sumber dari Dinas Pangan Provinsi Sumbar Ir. Buskar Zulmahdi, dari Dinas Pangan dan Perikanan Kabupaten Sijunjung Ir. Yulizar, MP,(Kadis Pangan dan perikanan. Ir. Fadil Azim, MP(Kabid Konsumsi dan Keamanan Pangan) dan Maghdalena, S. TP (kasi konsumsi pangan), tambah Kabid Fadil. Andi Humas