2018, BLK Sijunjung Beri Pelatihan Gratis Untuk 160 Peserta

1232

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Ini benar-benar kabar gembira bagi anda pencari kerja yang tak memiliki keterampilan khusus. Mulai tahun anggaran 2018, Dinas Ketenaga Kerjaan dan Transmigrasi Kabupaten Sijunjung, membuka pelatihan keterampilan secara gratis.

“Pelatihan ini untuk peserta yang menganggur dan tak memiliki pekerjaan dan dilatih keterampilan untuk bekal ilmu bekerja, baik di perusahaan dalam dan luar negeri. Pelatihan tersebut tidak dipungut biaya alias gratis,” kata Kepala Dinas Ketenaga Kerjaan dan Transmigrasi Kabupaten Sijunjung, Riky Minaldi Neri, STP, MSi, kepada Jurnal Sumbar, Senin (18/12/2017).

Pelatihan yang dianggarkan dalam kegiatan tahun 2018 itu dilaksanakan di Balai Latihan Kerja (BLK) Sijunjung. “Ada berupa pelatihan mekanik sepeda motor, Drafter/Autocat (Gambar Bangunan), Tata Boga (Processing), Teknisi Telephone Seluler, Las, Membatik, Instalasi Penerangan, Operator Komputet, Menjahit dan Teknik Pendingin/AC,” sebut Riky Minaldi Neri.

“Untuk peserta yang ingin ikut pelatihan cukup hanya melengkapi fotocopy KTP/KK satu lembar , fotocopy ijazah terakhir dua lembar, pas photo 3×4 sebanyak 3 lembar, sehat jasmani dan rohani dan usia 18 s/d tahun laki-laki/perempuan yang terpenting berpakain rapi dan sopan. Tiap paket hanya 16 orang dan yang lulus nantinya akan diberi ijazah,” jelas Kadis Ketenaga Kerjaan dan Transmigrasi Sijunjung itu.

Dijelaskanya, jika sudah memiliki skil/keahlian, maka bagi anda yang ingin mencari pekerjaan baik di dalam dan luar negeri akan lebih gampang. “Nah, untuk itu dibutuhkan keterampilan,” tambah Riky. Saptarius