Asal Bermanfaat Bagi Daerah, Gubernur Irwan Prayitno Persilahkan Bupati dan Walikota Berkunjung ke Luar Negeri

233

TENTANG PERJALANAN DINAS LUAR NEGERI KADA KAB/KOTA

JURNAL SUMBAR | Bukittinggi – Pada Rapat Koordinasi Kepala Daerah 2017 di Bukittinggi, Selasa (5/12-2017), Gubernur Irwan Prayitno juga menyinggung tentang perjalanan dinas luar negeri yang dilakukan oleh Kada Kab/Kota.

Tentang hal ini Gubernur mengatakan, setiap perjalanan dinas luar negeri yang dilakukan harus memiliki kontribusi yang jelas bagi daerah. Dikatakannya, silakan ke luar negeri, asal ada manfaatnya bagi daerah. Jangan cuma jalan-jalan menghabiskan uang negara.

Gubernur sendiri mengakui dalam beberapa waktu terakhir ia kerap melakukan perjalanan luar negeri.

“Baru-baru ini saya ke Australia. Besok ke Belgia,” katanya.

Namun ia menegaskan perjalanan tersebut dilakukan dalam rangka mempromosikan dan mengundang investor untuk menanamkan modalnya di Sumatera Barat.

Gubernur menambahkan agar setiap perjalanan luar negeri yang ia lakukan dibuatkan laporannya agar perjalanan terkait dapat dipertanggungjawabkan.

“Saya sendiri, sebelum saya sampai Jakarta, laporan saya sudah sampai ke Kemendagri. Kalau mau lihat perjalanan saya, lihat FB saya, saya laporin semuanya ke publik itu. Jangan tidak ada laporan,” ujarnya.

Lebih lanjut, Gubernur menyarankan bagi Kada yang hendak melakukan perjalanan ke luar negeri agar memaksimalkan hari kunjungannya dengan mengikuti banyak acara yang bermanfaat bagi daerah masing-masing.

“Kalau bisa, sehari itu 5 acara dihadiri. Jangan cuma satu,” terangnya.

Pada bahan tayang yang ditampilkan menyangkut topik ini, terlihat terdapat 47 jumlah rekomendasi izin perjalanan dinas ke luar negeri di mana 7 di antaranya tidak diteruskan proses pemberian izinnya. Sementara terdapat 6 izin luar negeri dalam rangka tugas belajar dan seluruhnya diizinkan. Rilis